Sukses

Kronologi Polisi Bantu Persalinan Ibu di Kawasan Hutan Bojonegoro

Kabid Humas Polda Jatim Kombas Pol, Frans Barung Mangera menceritakan polisi Bojonegoro yang membantu persalinan ibu melahirkan di kawasan hutan.

Liputan6.com, Surabaya - Anggota polisi kembali membantu persalinan ibu di Jawa Timur (Jatim). Pertolongan tersebut dilakukan oleh Kanit Bimas Polsek Gondang Bojonegoro, Ipda BH Handoko pada Jumat, 6 Desember 2019.

Kabid Humas Polda Jatim Kombas Pol, Frans Barung Mangera membenarkan hal tersebut. "Iya betul, kejadiannya sekitar pukul setengah delapan pagi tadi (Jumat-red),” ujar Frans, Jumat, 6 Desember 2019.

Ipda BJ Handoko membantu persalinan Astri Sulistyoningsih (32) warga Desa Gondang Bojonegoro, yang melahirkan di Jalan PUK Kawasan Hutan RPH Sugihan Blok Nglamur Turut dan Betek Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim).

Barung menuturkan, korban awalnya dibonceng oleh suami, Yuliono dengan sepeda motor dari rumahnya untuk periksa ke bidan di Desa Dodol, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro.

"Sesampainya di bidan dianjurkan untuk di bawa ke Puskesmas Gondang Bojonegoro karena kandungannya sudah hamil tua,” ujar dia.

Kemudian korban bersama suami menuju ke puskesmas, tapi dalam perjalanan tersebut korban sudah tidak kuat dan sang suami menghentikan laju kendaraannya di pinggir jalan PUK.

"Dan kebetulan dari belakang Ipda BJ Handoko lewat dan mengetahui kejadian tersebut dan segera membantu menolong korban,” tutur Barung.

Ipda BJ Handoko kemudian menghubungi Puskesmas Gondang dan di tempat kejadian, korban sudah melahirkan seorang anak berjenis kelamin laki-laki dengan selamat.

“Beberapa menit kemudian, datang petugas bidang Puskesmas Gondang untuk memberikan perawatan. Sang bayi langsung dirujuk ke RSU Bojonegoro karena lahir premature sedangkan ibunya masih dirawat di Puskesmas Gondang,” ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Polisi di Kediri Bantu Persalinan Ibu Melahirkan

Sebelumnya aksi heroik membantu proses persalinan juga pernah dilakukan oleh Aiptu Sugiono dan Aiptu Imam. Mereka membantu persalinan Sriani. Perempuan berusia 37 tahun itu akhirnya melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan dengan kondisi selamat dan sehat di dalam mobil patroli Polsek Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kapolres Kabupaten Kediri AKBP Akhmad Yusep Gunawan menuturkan, petugas SPKT Polsek Papar, Aiptu Sugiono dan Aiptu Imam yang saat itu sedang melaksanakan pengamanan giat masyarakat berupa pagelaran wayang kulit di Desa Keputih telah dihubungi Kapolres Papar AKP Kamsudi. Kedua polisi ini diminta menolong serta mengantarkan Sriani yang sedang merintih kesakitan ke Bidan Kepuh.

"Kejadian tersebut terjadi pada hari ini sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu Kapolsek bertemu dengan ibu Sriani beserta suaminya Sumaji yang hendak memeriksakan kandungannya di Bidan Kepuh," ucap Kapolres Kediri saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon seluler, Rabu 2 November 2016.

Kapolres mengatakan, karena belum bisa ketemu dengan bidan yang dimaksud, kedua anggota patroli tersebut diperintahkan mengantarkan Sriani ke Bidan Lena yang berada di Desa Ngampel, Kecamatan Papar.

"Dalam perjalanan, tepatnya di depan Balai Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Ibu Sriani telah melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan di dalam mobil patroli 811 Polsek Papar dalam kondisi sehat," ujar Akhmad.

Selanjutnya, kedua orangtua beserta bayi perempuannya itu tetap diantarkan menuju tempat Bidan Lena untuk pemeriksaan dan perawatan. 

"Bayinya Ibu Sriani memiliki berat badan 2,5 kilogram dan panjang 47 centimeter. Saat ini Ibu Sriani beserta suami dan bayinya sudah berada di rumahnya," kata Kapolres Kediri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.