Sukses

Burung Bangau Serbu Area Sawah di Mojokerto Untungkan Petani

Ratusan burung bangau, seperti menyerbu dan memenuhi area persawahan setempat di Mojokerto.

Liputan6.com, Jakarta - Pemandatangan tak biasa di Desa Kedungsari, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ratusan burung bangau, seperti menyerbu dan memenuhi area persawahan setempat.

Kawanan burung paruh panjang berwarna putih tersebut, nampak mengelilingi dan membuntuti petani. Seakan tidak takut dengan suara bising yang keluar dari mesin traktor yang sedang membajak sawah. Demikian mengutip Liputan6, Minggu (8/12/2019).

Kawanan burung dengan leher dan berkaki panjang ini sudah sejak lima hari terakhir berada di area persawahan desa mereka. Jumlahnya akan terus bertambah seiring memasuki musim tanam padi.

Burung bertubuh besar ini bermigrasi untuk mencari makan dari balik tanah yang dibajak petani. Dengan memakan cacing serta serangga seperti jangkrik dan orong-orong.

Petani tak merasa terganggu dengan kehadiran burung bangau. Justru membantu mereka untuk membasmi serangga. Kawanan burung bangau ini akan meninggalkan area persawahan seiring usainya masa tanam padi dan bermigrasi atau pindah ke tempat lainnya yang banyak menyediakan makanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.