Sukses

VIDEO: Otoritas Pelabuhan Banyuwangi Inspeksi 60 Kapal Feri

Liputan6.com, Jakarta - Jelang datangnya libur Natal dan Tahun Baru 2020, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar uji petik di seluruh kapal ferry yang berlayar di selat Bali.

Uji petik kapal dilakukan untuk memastikan kesiapan kapal, baik alat keselamatan maupun kelayakan kapal. Ada 60 kapal dipastikan siap beroperasi di lintas pelayaran Jawa-Bali ini. 

Untuk memastikan kesiapan kapal ferry menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini, Marine Inspector, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Banyuwangi menggelar uji petik atau uji kelayakan kapal yang melayani jasa angkutan Natal dan Tahun Baru di selat Bali.

Satu per satu armada laut jenis kapal motor penumpang (KMP) ini diperiksa oleh petugas KSOP. Alat komunikasi yang berada di anjungan nahkoda kapal menjadi sasaran utama pemeriksaan.

Petugas mengecek seluruh komponen di ruang kemudi dalam kapal. Mulai alat navigasi, radio sebagai alat komunikasi utama, serta GPS yang berfungsi sebagai penunjuk arah kapal. Alat keselamatan, seperti sekoci penolong juga dipastikan berfungsi oleh petugas.

Petugas juga memastikan jumlah life jacket yang tersedia tidak kurang dari jumlah penumpang maksimal di atas kapal saat berlayar. Jika dalam sidak petugas menemukan adanya kekurangan dari segi alat keselamatan kapal,  kapal tersebut tidak diizinkan berlayar oleh petugas.

“Hal ini dilaksanakan atas instruksi dari Dirjen Perhubungan Laut kepada seluruh perusahaan kapal-kapal penumpang dalam rangka persiapan Nataru (Natal dan Tahun Baru) dan dari KSOP Tanjung Wangi ada 6 tim untuk memeriksa 56 kapal,” kata Ade Sucipto, Petugas KSOP Tanjung Wangi, Banyuwangi. Berikut seperti diberitakan Fokus, 6 Desember 2019.

Dan yang tak kalah penting, bagian permesinan dan alat navigasi, alat pemadam kebakaran di dalam kapal juga ikut diperiksa kesiapannya. Dalam sidak kali ini sedikitnya 60 kapal motor yang melayani jasa pelayaran dinyatakan siap menghadapi lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru.