Sukses

3 Makanan Menggiurkan yang Ada di Kawasan Ampel Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Ampel, termasuk salah satu wisata di Surabaya, Jawa Timur. Kawasan Ampel ini mempunyai daya tarik wisata tersendiri karena menjadi salah satu kawasan wisata religi. Di kawasan ini identik dengan hal yang berkaitan dengan Timur Tengah.

Tak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat masjid bersejarah. Salah satunya Masjid Ampel. Masjid ini berada di kawasan kota lama wilayah utara Surabaya menjadi saksi bisu masa lalu. Masjid yang tepat berada di kawasan kampung Arab ini berdiri pada 1421 masehi.

Mengutip buku Travelicious, Jalan Hemat, Jajan Nikmat di Surabaya, Malang dan Madura karya Ariyanto, masjid ini didirikan oleh Raden Achmad Rachmatulloh atau lebih dikenal sebagai Sunan Ampel. Ini sebagai upaya berdakwah di Kawasan Ampel. Selain masjid, Kawasan Ampel juga terkenal dengan kuliner dan jajanan yang rata-rata berasal dari Timur Tengah. 

Kali ini, Liputan6.com akan membahas mengenai jajanan yang ada di Kawasan Ampel, Surabaya. Ada jajanan apa saja di kawasan Ampel Surabaya? Simak ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa (10/12/2019):

1.Pukis Khas Ampel

Kue ini mudah ditemui di pinggir jalan raya dan juga pasar tradisional. Di Surabaya, kue yang berbahan dasar tepung terigu ini menjadi salah satu ciri khas dari tempat wisata kawasan Ampel.

Dilansir dari Antara, bentuk kue yang satu ini tidak sama dengan pukis pada umumnya yang berbentuk gepeng, karena pukis Ampel tersebut bentuknya merekah bak bunga mawar kuning dan memilliki diameter minimal 10 centimeter. Rasa kue pukis Ampel beda dengan pukis buatan Banyumas, Solo atau daerah lainnya, karena adonan pukis yang berbahan dasar dari tepung trigu, telur ayam dan santan itu rasanya perpaduan antara roti kukus dan apem.

2 dari 3 halaman

2. Sate Karak

2.Sate Karak

Jika biasanya sate adalah daging yang ditusuk menggunakan bumbu kacang dan bumbu kecap, sate karak ini mempunyai perbedaan yang menonjol dengan sate-sate pada umunya. Sate karak ini adalah sate yang terbuat dari potongan daging dan jeroan sapi. Daging dan jeroan sapi ini mempunyai ukuran yang cukup besar.

Dilansir dari instagram @surabaya, untuk bumbu, sate karak ini tidak menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap, tetapi menggunakan bumbu "jangkep". Bumbu jangkep adalah bumbu rujak.

Tak hanya dari segi bumbu, teman makan untuk sate karak ini pun berbeda. Sate pada umumnya menjadikan nasi dan lontong sebagai pelengkap, namun sate karak menjadikan ketan hitam lengkap dengan serutan kelapa muda dan bumbu ketannya adalah pelengkapnya.

Di Kawasan Ampel terdapat warung yang sudah dikelola oleh tiga generasi. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini, warung ini terletak di Ampel Lonceng No. 60, Ampel, Semampir, Surabaya.

3.Gulai Kacang Ijo

Gulai kambing biasanya disajikan dengan sate kambing dan nasi. Berbeda dengan itu, gulai di kawasan Ampel ini memiliki ciri khas tersendiri.

Gulai di kawasan Ampel ini menambahkan kacang hijau sebagai  bahan utamanya. Selain itu, lauk ini tidak dimakan bersama nasi. Di sini, roti maryam disajikan sebagai pengganti nasi.

Dilansir dari instagram @surabaya, rasanya terbilang gurih dan rasa rempahnya cukup kuat ini cocok dimakan untuk sarapan pagi maupun dimakan saat suasana hujan. Terdapat warung yang menjual makanan ini di kawasan Ampel, yaitu Warung Cak Pan.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini