Sukses

VIDEO: Semarak Siswa SD Muhammadiyah 12 Surabaya Rayakan Hari Antikorupsi Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara dilakukan untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember. Di Surabaya, Jawa Timur, ratusan siswa sekolah dasar (SD) membawa dan menghias sandal japit, sebagai simbol kesederhanaan dalam kehidupan sosial. Sandal hias ini, akan diserahkan kepada, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur sebagai hadiah.

Suasana berbeda terasa di SD Muhammadiyah 12 Surabaya. Seluruh siswa sibuk menghias sandal jepit di halaman sekolah dengan aneka warna dan motif yang lucu dan unik, dengan tema “ Stop Korupsi,  Ayo Hidup Sederhana ".

Sengaja dipilih sandal japit karena sandal ini merupakan simbol kesederhanaan dalam kehidupan sosial. Karya siswa ini juga diperlombakan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember.

Setiap siswa bebas menghias atau menggambar motif sandal japit miliknya, seperti Sultan Bagas misalnya, siswa kelas 5 ini memilih menggambar tikus sebagai simbol binatang yang suka mencuri dan rakus.

Sandal japit hias unik dan lucu, terbaik, atau pemenang lomba akan diserahkan ke Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati). Sebagai hadiah di Hari Antikorupsi Sedunia.

Pendidikan antikorupsi sendiri perlu ditanamkan sejak dini kepada para siswa, agar kelak saat dewasa anak-anak tidak korupsi. Setiap 9 Desember sendiri diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia yang diprakarsai pertama kali oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), melalui United Nation Convention Against Corruption di Meksiko 4 tahun lalu, untuk membebaskan kemiskinan dan ketidakadilan di seluruh negara di dunia.

Mari kita simak videonya pada Fokus, 9 Desember 2019.