Sukses

Makadamia, Kacang Termahal Ditanam Gubernur Khofifah

 

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur, provisi di Indonesia yang mempunyai lautan dan daratan yang cukup besar dan banyak ini juga menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa seringkali membagikan kekayaan tersebut di instagram pribadinya @khofifah.ip.

Belum lama ini, Khofifah Indar Parawansa membagikan unggahan tentang tanaman kacang Makadamia. Mengutip dari banten.litbang.pertanian.go.id, Makadamia adalah pohon dengan batang berkulit licin berwarna cokelat terang, yang bisa tumbuh sampai 20m.

Buah Makadamia tumbuh pada tangkai bunga berupa dompolan. Ukuran dan bentuk buah macadamia mirip dengan dukuh. Namun, sebenarnya buah makadamia adalah kacang. Kacang macadamia terbungkus oleh tempurung keras yang dilapisi kulit tipis paa bagian paling luarnya.

Melansir dari instagram pribadi Khofifah Indar Parawansa @khofifah.ip, jenis kacang pohon makadamia adalah yang termahal di antara jenis kacang-kacangan. Kacang macadamia mempunyai harga kisaran 350-450 ribu per kilonya.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, banyak yang belum mengenali pohon macadamia ini, tetapi ternyata macadamia sudah masuk ke Bondowoso, JawaTimur, pada 1971.

Selain itu, Khofifah Indar Parawansa juga menanam pohon macadamia di Oro-Oro Ombo, Batu, Malang, bersama Menteri LHK Siti Nurbaya pada 9 Desember 2019.

Khofifah juga menambahkan jika tanaman makadamia ini juga bisa menghasilkan keuntungan sekitar Rp 1 miliar-Rp1,2 miliar satu hektar setahun.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

2 dari 3 halaman

Mengenal Manfaat Buah Mentega

Sebelumnya, Anda pernah mendengar buah mentega? Buah ini juga sering disebut orang dengan nama buah bisbul. Buah ini berasal dari negara tetangga, Filipina.

Buah ini mempunyai nama lain, yaitu Velvet Apple. Nama ilmiahnya adalah Diospyros Blancoi. Buah ini sudah menyebar luas di wilayah tropis termasuk di Indonesia. Melansir dari instagram DKPP Surabaya @dkppsurabaya, buah ini tumbuh menyebar di wilayah tropis beriklim basah, tepatnya di dataran rendah hingga menengah.

Buah ini bisa dikategorikan sebagai buah langka karena keberadaannya yang sulit ditemukan. Biasanya buah bisbul atau buah mentega ini sering dijumpai di Bogor.

Namun, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya ini membudidayakannya. Buah ini tidak diperjualbelikan oleh DKPP Surabaya. Tekstur dari buah mentega ini mirip dengan tekstur mentega. Kulit dari buah mentega ini memiliki bulu halus mirip beludru.

Rasa dari buah mentega ini manis dan sedikit sepat. Namun, buah mentega ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Beberapa manfaat yang terkandung di buah mentega di antaranya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan, melancarkan peredaran darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merawat kesehatan kulit, meminimalisir risiko penyakit kanker, dan lain-lain.

Ada juga yang berkomentar di akun instagram @dkppsurabaya buah ini mempunyai rasa seperti durian. Salah satunya oleh akun @airinserena. Ia menyebutkan, kalau buah mentega rasanya seperti durian. "Enak itu buah bisbul rasanya kayak duren".

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Dinas Kesehatan Jatim Catat 2.668 Penderita Kusta Baru pada 2019
Artikel Selanjutnya
Ratusan Hektar Sawah di Magetan Terserang Hama Tikus