Sukses

Kriminal Surabaya Sepekan: Pencurian Tabung Elpiji dan Kotak Amal

Liputan6.com, Jakarta - Selama sepekan, sejumlah kasus kriminal di Surabaya dan sekitarnya, serta daerah di Jawa Timur terungkap. Kasus narkoba, pencurian, dan pembunuhan menyita perhatian.

Pada awal pekan ini, polisi mengungkap kasus penemuan dua juta butir dobel L dari kantor ekspedisi di Surabaya, Jawa Timur. Polisi menemukan jutaan pil koplo itu dalam puluhan kardus yang dibalut karung putih. Selanjutnya dibuat seperti barang paket.

Kasatreskoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian membenarkan bila pihaknya telah mengungkap kasus itu.

"Benar. Kita sita dua juta butir pil dobel L itu dari sebuah kantor ekspedisi di wilayah Semut, Surabaya," tutur Memo, Senin, 9 Desember 2019 dikutip dari Merdeka.com.

Selanjutnya, kasus pencurian juga terungkap pada pekan ini. Di Sidoarjo, seorang kakek (70) menangis histeris karena kepergok mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi. Warga yang kesal memborgolnya. Akan tetapi, kemudian dilepas korban pemilik rumah lantaran tidak tega dan meminta kakek tersebut tidak boleh mengulangi perbuatannya lagi.

Tak hanya itu, seorang bocah nekat mencuri kotak amal masala. Hal ini lantaran membutuhkan biaya perbaikan telepon genggam yang rusak. Anak tersebut pakai telepon genggamnya untuk bermain games.

Aksi pelaku dapat digagalkan oleh warga yang memergokinya ketika mendekati kotak amal, yang sudah tiga kali digondol.

Ingin tahu berita kriminal lainnya pada pekan ini? Berikut rangkumannya yang ditulis pada Sabtu, (14/12/2019):

1.Polisi Gagalkan Pengiriman 2 Juta Pil Koplo Lewat Ekspedisi di Surabaya

Satreskoba Polrestabes Surabaya menemukan jutaan pil koplo di sebuah kantor ekspedisi di Surabaya, Jawa Timur. Ada dua juta butir pil dobel L yang terdapat dalam puluhan kardus yang dibalut karung putih kemudian dibuat seperti barang paket.

Selain barang bukti jutaan pil koplo itu, polisi juga mengamankan tiga orang yang diduga kuat terlibat dalam kasus ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2 dari 7 halaman

Polda Jatim Selidiki Dokumen Mobil Lamborghini

2.Polda Jatim Selidiki Dokumen Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyelidiki dokumen terkait mobil Lamborghini yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 8 Desember 2019.

Mobil Lamborghini terbakar pada Minggu siang, 8 Desember 2019 di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya.

"Kami menyelidiki ada kecurigaan mengenai keabsahan mobil tersebut," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Selasa, 10 Desember 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3.VIDEO: Kakek di Sidoarjo Kepergok Curi Tabung LPG di Rumah Anggota Polisi

Seorang kakek berusia 70 tahun di Sidoarjo, Jawa Timur menangis histeris karena kepergok mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi. Warga yang kesal melihat ulah pelaku, kemudian memborgolnya di ayunan depan rumah korban. 

Seorang kakek berusia 70 tahun di Sidoarjo, menangis histeris, setelah kepergok mencuri tabung elpiji oleh warga sekitar. Pelaku TS yang sudah berusia 70 tahun ini nekat mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi, tapi naas, aksi pencurian ini diketahui pemilik rumah dan pelaku akhirnya ditangkap warga.

Berita selengkapnya baca di sini

4.VIDEO: Polda Jatim Olah TKP Kecelakaan Bus Pariwisata

 Petugas Unit Laka Lantas Polres Blitar dan Tim Traffic Accident Analystic Polda Jatim menggelar oleh tempat kejadian perkara kecelakaan bus pariwisata di Kecamatan Kesamben, Blitar. Selain melakukan olah TKP, polisi juga akan  meminta keterangan sejumlah saksi.

Petugas Unit Laka Lantas Polres Blitar dan Polda Jatim melakukan olah TKP kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 5 orang, di Kesamben, Blitar, Jawa Timur. Dalam olah TKP yang berlangsung 1 jam, polisi juga menggunakan alat leica scanner 3 dimensi yang berfungsi menggambarkan lokasi di sekitar kejadian, dan diharapkan bisa menentukan penyebab kecelakaan.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 7 halaman

Polda Jatim Amankan Pabrik Senjata Ilegal

5.Polda Jatim Amankan Pabrik Senjata Ilegal

Pasca penggerebekan pabrik perakit dan perdagangan senjata ilegal di Lumajang, Jawa Timur oleh Polda Jatim. Di lokasi masih dijaga Tim Cobra Polres Lumajang dan nampak sepi dari aktivitas keluarga.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pemilik pabrik senjata juga tidak lagi terdaftar sebagai anggota Perbakin Lumajang. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 9 Desember 2019.

Pabrik perakitan dan penjualan senjata airsoft gun dan air gun milik AH di Jalan Mayor Kamari Sampurno, Kelurahan Ditotrunan kini nampak sepi dari aktivitas keluarga maupun karyawan, hanya sejumlah personil dari Tim Cobra Polres Lumajang masih melakukan penjagaan di gudang, guna kepentingan penyelidikan.

Berita selengkapnya baca di sini

6.VIDEO: Polda Jatim Sita 2 Mobil Mewah Terkait Kasus Pembobolan Kartu Kredit

Tim Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim terus mengembangkan kasus tindak pidana pembobolan kartu kredit, yang diungkap 2 Desember 2019 di Jalan Balongsari Tama, Surabaya. Hasilnya, polisi menyita dua mobil mewah, dan uang Rp 2,6 miliar, dari rekening seorang wanita, kekasih otak sindikat itu.

Uang sebesar Rp 2,6 miliar ini disita Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim dari rekening NR, kekasih dari otak pembobolan kartu kredit Internasional, HK.

Dari dua buku tabungan Bank Mandiri, polisi menemukan aliran dana Rp 2,6 miliar, yang diduga dari transaksi elektronik kartu kredit sindikat hacker, pimpinan HK. Dua tabungan ini diduga sebagai tempat penampungan uang hasil kejahatan sindikat hacker atau pembobolan kartu kredit. Berikut seperti diberitakan Fokus, 9 Desember 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

7.VIDEO: Oknum Pelajar SMP di Banyuwangi Mencuri di 11 TKP Berbeda

Petualangan pencuri cilik asal Banyuwangi, berakhir di tangan Tim Buser Polres setempat. Pelaku spesialis pencuri emas dan barang berharga di rumah kosong di 11 TKP, dan berstatus pelajar SMP itu, diringkus berkat rekaman kamera cctv di salah satu rumah korban yang menderita kerugian hingga Rp 90 juta.

Dalam video amatir rekaman cctv, pelaku berinisial MPA berhasil masuk rumah korbannya di wilayah Kecamatan Muncar, Banyuwangi beberapa waktu lalu. Pelaku yang masih berstatus pelajar SMP tersebut, masuk ke salah satu pintu kamar korban, dan menguras barang berharga namun tak berhasil.

Berita selengkapnya baca di sini

8.VIDEO: Alasan Terlilit Utang, Pria Ini Nekat Jual Bom Ikan

Seorang pelaku peracik bom ikan atau bondet di Banyuwangi, Jawa Timur. Diringkus Tim Resmob Polresta Banyuwangi, Senin siang. Dari tangan pelaku, polisi menyita sedikitnya empat buah bondet siap ledak.

Tak hanya digunakan mengebom ikan, bondet hasil produksi pelaku diduga juga diindikasi untuk kejahatan seperti perampokan.AB warga Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, pelaku peracik bom ikan atau bondet digelandang Tim Resmob di Mapolresta Banyuwangi, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 7 halaman

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Perempuan di Gresik

9.VIDEO: Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Seorang Perempuan di Gresik

Pelaku pembunuhan mayat wanita, yang ditemukan membusuk di sebuah kamar kos di Gresik, akhirnya diringkus polisi. Pelaku adalah kekasih gelap korban yang dibekuk di tempat pelariannya di Kalimantan Timur. Kepada polisi, tersangka nekat membunuh karena sering dimintai uang.

Pelaku adalah UN (53), warga Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Setelah sepekan diburu, UN dibekuk polisi di wilayah Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Pria yang berprofesi sebagai jagal sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kramat Langon, Kecamatan Gresik Kota ini, membunuh Kasniti (49), warga Sidokumpul, Kecamatan Gresik Kota. Pembunuhan di kamar kos pelaku di kawasan Jalan Panglima Sudirman Gresik, diperkirakan terjadi 5 bulan lalu.

Berita selengkapnya baca di sini

10.VIDEO: Polisi Tangkap DJ di Surabaya Saat Konsumsi Narkoba

 Seorang pria yang berprofesi sebagai Disc Jockey, atau DJ di Surabaya dibekuk aparat Kepolisian Polres Tanjung Perak Surabaya, karena kecanduan narkoba.

Kepada polisi, pelaku mengaku selalu menghisap ganja, sabu dan ekstasi setiap kali tampil sebagai DJ untuk menghilangkan stres serta menambah rasa percaya diri.

Aparat Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meringkus seorang pecandu narkoba yang berprofesi sebagai Disc Jockey atau DJ, di sebuah tempat hiburan malam di Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

11.VIDEO: Menyamar Jadi Ojek Online, Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Pasuruan

 Perang terhadap narkoba terus digencarkan Aparat Kepolisian di Jawa Timur. Di Pasuruan, polisi meringkus enam pengedar narkoba, yang di antaranya menyasar remaja dan pelajar sebagai pelanggan. Sementara di Banyuwangi, polisi membekuk lima anggota sindikat narkoba, dengan barang bukti sabu dan puluhan ribu pil koplo.

Dalam sebuah video amatir, terekam saat seorang pengedar sabu, digerebek anggota Reskoba Polres Pasuruan Kota, di halaman rumahnya, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo. Untuk memuluskan penggerebekan itu, polisi menyamar sebagai pengemudi ojek online.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 7 halaman

Polrestabes Surabaya Dalami Kasus Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

12.Polisi Dalami Kasus Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Polrestabes Surabaya masih mengumpulkan beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait perkembangan kasus mobil Lamborghini yang mengeluarkan asap di jalanan, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 8 Desember 2019.

"Beberapa saksi masih dikumpulkan supaya nanti punya informasi yang utuh. Karena ini merupakan bagian dari penyelidikan reserse Polda juga yang mengembangkan kasus serupa," tutur Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho, Jumat, 13 Desember 2019.

Terkait kelengkapan surat-surat kendaraan mewah itu, Sandi mengatakan jika memang benar mobil itu tak dilengkapi dengan surat. Bahkan pelat nomor polisi yang terpasang di mobil juga palsu.

Berita selengkapnya baca di sini

13. VIDEO: Seorang Jambret Handphone di Pasuruan Babak Belur Dihajar Massa

Seorang dari tiga pelaku jambret yang beraksi di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, berhasil ditangkap dan dihakimi warga hingga babak belur. Sementara dua lainnya melarikan diri. Hanya butuh beberapa jam, Tim Resmob Polres setempat yang melakukan pengejaran berhasil meringkus keduanya.

Seorang pelaku jambret berinisial DS terekam video amatir warga, saat dipukuli warga yang geram karena aksinya di Jalan Veteran, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Nyawa  pelaku bisa selamat, setelah polisi datang ke lokasi dan mengevakuasinya ke Mapolres Pasuruan Kota.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 7 halaman

Motif Penusukan Anggota Polisi di Pamekasan

14.VIDEO: Motif Penusukan Anggota Polisi di Pamekasan karena Masalah Pribadi

 Pelaku penusukan Bripka IS, anggota Reskrim Polres Pamekasan, seorang anggota Koramil di kota yang sama langsung menyerahkan diri. Motif penusukan tersebut diduga masalah asmara perselingkuhan antara korban dengan istri pelaku. Kini pelaku menjalani pemeriksaan di Denpom V/4 Surabaya.

Pelaku penusukan terhadap Bripka Imam Sutrisno anggota Reskrim Polres Pamekasan yang terjadi Selasa 10 Desember 2019, di rumah kosong di kampung Pongkoran, Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, Madura Jawa Timur, telah terungkap. Pelaku adalah Serda AS anggota Koramil Palengaan 0826/08 Pamekasan.

Berita selengkapnya baca di sini

15.VIDEO: Ingin Hadiri Pernikahan Anak, Seorang Tahanan Kabur dari Polresta Malang

Polresta Malang Kota berhasil menangkap satu dari empat tahanan yang kabur dari dalam tahanan. Satu tersangka yang tertangkap, mengatakan nekat kabur karena ingin menyaksikan putranya yang akan melangsungkan pernikahan.

Satu tahanan yang berhasil ditangkap berinisial AF (46), tersangka kasus narkoba, warga Jodipan Wetan, Kota Malang, Jawa Timur. AF terpaksa ditembak kakinya, karena polisi mengatakan tahanan itu, hendak kabur saat akan ditangkap, di sebuah mushola milik kerabatnya.

Berita selengkapnya baca di sini

16. VIDEO: Remaja Nekat Mencuri Kotak Amal Musala, Ini Alasannya

Akibat kecanduan bermain games di handphone, seorang bocah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, nekat mencuri kotak amal musala untuk biaya perbaikan telepon genggamnya yang rusak. Namun, aksi pelaku dapat digagalkan oleh warga yang memergokinya ketika mendekati kotak amal, yang sudah tiga kali digondol.

Seorang bocah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kini harus berurusan dengan pihak Kepolisian, lantaran tertangkap warga, saat melompat pagar musala untuk mencuri kotak amal. Aksi nekat pelaku diduga karena kecanduan games di handphone. Pelaku mencuri karena handphone miliknya rusak, dan membutuhkan biaya untuk diperbaiki.

Pengakuan pelaku ZF (13), bocah asal Kecamatan Palang, Tuban ini dirinya sudah tiga kali mencuri kotak amal yang uangnya untuk jajan dan memperbaiki handphone miliknya yang rusak.

Berita selengkapnya baca di sini 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini