Sukses

KA Pengangkut Semen Anjlok Bukan Milik Semen Indonesia

Kereta api pengangkut semen anjlok pada Rabu, 11 Desember 2019 di kawasan Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api pengangkut semen anjlok pada Rabu, 11 Desember 2019 di kawasan Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Manajemen PT Semen Indonesia Tbk menyebutkan kereta tersebut tidak mengangkut produk semennya.

"Lain, itu Tiga Roda punya swasta holding nya ada di Jerman," kata Sugianto, Humas PT Semen Indonesia kepada Liputan6.com, ditulis Senin, 16 Desember 2019.

Sugianto menuturkan, produk semen tersebut bukan grup Semen Indonesia dan Semen Gresik. "Terkait dampaknya dengan Semen Indonesia maupun semen Gresik tidak berdampak sama sekali," ujar dia.

Terpisah, juru bicara PT KAI mengungkapkan insiden yang merugikan pihak semen yang KA nya anjlok dan tergelincir di kawasan stasiun Doplang, Kabupaten Blora akan diganti rugi oleh pihak KAI. 

"Itu tanggung jawab kami, BUMN yang bergerak di bidang transportasi tentu akan mengganti kerugian yang ditimbulkan akibat musibah ini," terang Krisbiantoro, Manajer Humas Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, saat dikonfirmasi Liputan6.com.

PT KAI pun berusaha mengurangi dampak keterlambatan sehingga pasokan semen tetap lancar. (Ahmad Adirin)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KA Pengangkut Semen Anjlok

Sebelumnya, KA melaju di jalur rel arah dari Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Kalimas (Jakarta-Surabaya) dengan menarik 20 gerbong bermuatan semen dalam bentuk jadi ambrol berserakan di sekitaran jalur rel pada Kamis siang, 12 Desember 2019.

"Kebetulan posisi anjloknya kereta ini berjarak sekitar 100 meter dari stasiun terdekat. Personil kami langsung laporan ke stasiun, saat ini sedang dicari tahu nama kereta maupun data nama masinis yang bersangkutan," ujar AKP Bajuri selaku Kapolsek setempat. 

Anjloknya KA, di jalur rel yang melintas Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora ini sontak membuat warga sempat panik. Sebab, suara dentuman ketika anjloknya KA mengagetkan warga. Pasca anjloknya KA, jalur rel menjadi lumpuh sebab tumpahan semen berhamburan dan menutup jalur rel di wilayah setempat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.