Sukses

8 Wisata Alam Tuban Terpopuler, Didominasi Pantai yang Indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Tuban tenyata menyimpan potensi yang penuh dengan keindahan, walaupun jarang terdengar. Apalagi lokasinya yang berada di pesisir pantai, membuat wisata Tuban menjadi banyak memiliki pantai yang indah. 

Selain pantai, masih banyak lagi wisata alam seperti air terjun, goa, maupun pemandian yang terdapat di Tuban. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut pun tak kalah banyak dengan tempat-tempat lainnya.

Wisata alam Tuban memang didominasi oleh pantai yang indah. Tuban yang terletak di provinsi Jawa Timur ini, juga memiliki tempat tempat wisata sejarah dan wisata alam lainnya. Banyak sekali potensi wisata Tuban yang banyak orang masih belum menyadarinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019) tentang wisata alam Tuban

2 dari 5 halaman

Pantai Sowan dan Pantai Remen

Pantai Sowan

Pantai di wisata Tuban ini mungkin memang identik dengan kehijauan. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar, yang membuat pantai ini juga merupakan pantai dengan pemandangan hijau yang segar.

Di hutan dekat pantai ini, tumbuh berbagai jenis tumbuhan seperti pohon trembesi, mahoni serta pohon klampis. Letaknya yang dekat dengan jalan pantura juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang lewat jalan tersebut.

Pantai Remen

Pantai Remen menjadi wisata Tuban yang sangat populer karena pasir putihnya ynag sangat mempesona. Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Karena itulah, pantai ini masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga di Desa Remen tersebut. Pasir putihnya yang menghampar luas begitu indah dan tentunya dapat menenangkan dan menyegarkan pikiran kamu yang sedang letih.

3 dari 5 halaman

Pantai Kelapa dan Pantai Cemara

Pantai Kelapa

Pantai Kelapa merupakan salah satu wisata Tuban yang terletak di bagian timur Kabupaten Tuban. Bedanya dengan pantai-pantai lainnya, di sini kamu dapat menikmati panorama pemandangan pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai, sesuai dengan namanya yaitu Pantai Kelapa.

Pemandangan hijau tersebut seakan menambah keindahan pemandangan Pantai Kelapa ini. Jadi kamu dapat menikmati semua keindahan pantai ditambah dengan keindahan pohon kelapa yang berjejer di sini.

Selain itu, di sekitar pantai kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti outbound ataupun berkemah. Karena pantai ini merupakan pantai yang masih alami dengan udara sejuk dan pemandangan hijau yang menyegarkan.

Pantai Cemara

Lagi lagi Wisata Tuban ini merupakan wisata pantai dengan keunikannya tersendiri. Hampir sama dengan Pantai Kelapa, Pantai Cemara merupakan pantai yang di sepanjang bibir pantainya ditumbuhi oleh pohon cemara.   

Selain itu, di kawasan Pantai Cemara ini juga ada pusat mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Jadi kamu memiliki banyak alternatif kunjungan di salah satu wisata Tuban ini.

Pantai ini juga aman bila kamu ingin berenang dan bermain air, karena pantainya dangkal dan ombak yang relative tenang.

4 dari 5 halaman

Air Terjun Nglirip dan Bongok

Air Terjun Nglirip

Wisata Tuban yang pertama adalah Air Terjun Nglirip. Lokasinya berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Letaknya yang jauh dari pusat Kota Tuban tidak membuat wisata Tuban ini sepi pengunjung, malah sebaliknya tempat wisata Tuban ini sangat ramai dikunjungi. Hal ini karena memang keindahan alam di air terjun ini tiada duanya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang sangat deras. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah. Tidak mengherankan bila wisata Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagi kunjungan wisata. Keindahan dan kesegaran alamnya akan membuatmu tenang dan nyaman untuk liburan.

Air Terjun Bongok

Berbanding terbalik dengan Air Terjun Nglirip, wisata Tuban satu ini memang masih belum begitu terkenal. Tapi jangan salah, keindahan yang ditawarkan oleh Air terjun Bongok ini tidak kalah dengan Air terjun Nglirip yang telah duluan populer.

Selain suasana yang tenang dan sunyi khas wisata alam, disini juga terdapat 2 air terjun. Di sini kamu dapat bermain air dan bahkan mandi di alirannya. Pemandangan di sekitarnya dapat dinikmati dengan mengambil foto air terjun yang snagat cantik.

Jalan ke wisata Tuban satu ini memanglah belum terlalu memadai, sehingga membuat kamu harus berusaha sedikit untuk berletih-letih, sebelum mencapai Air terjun Bongok ini. Tetapi setelah sampai, letihmu akan terbayarkan dengan panorama alam yang mengagumkan dan kesegaran yang ditawarkannya.

5 dari 5 halaman

Pantai Boom dan Air Terjun Sanggrahan

Pantai Boom

Pantai Boom merupakan pantai yang sangat terkenal di Tuban. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari alun alun Tuban mendukung banyaknya wisatawan yang berkunjung ke salah satu wisata Tuban ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom ini, selain dapat menikmati pemandangan pantai yang sangat cantik, kamu juga dapat menikmati suasana yang menenangkan. Selain itu kamu juga bisa memancing, melihat sunrise ataupun sunset, serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

Di pantai Boom terdapat 2 sumur yang mengeluarkan air tawar. Selain itu di wisata Tuban satu ini, juga terdapat daratan yang menjorok ke laut sekitar 800 meter.

Air Terjun Sanggrahan

Wisata alam Tuban lainnya adalah Air Terjun Sanggrahan. Air terjun ini berlokasi dekat dengan Pemandian Air Hangat Nganget di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan. Untuk bisa ke sini kamu perlu treking sebentar menyusuri sawah, semak serta pepohonan rindang.