VIDEO: Dishub dan Kepolisian Cek Kondisi Bus Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

VIDEO: Dishub dan Kepolisian Cek Kondisi Bus Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru, Aparat Kepolisian di Jawa Timur makin mengintensifkan operasional guna menciptakan kondisi aman dan tertib.

Aparat Polres Magetan, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) mencek jalur Wisata Sarangan menuju Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, khususnya di jalur tanjakan dan turunan maut. Sementara itu, petugas Kepolisian dan Dishub Kota Mojokerto juga mencek kelaikan armada bus di terminal.

Rolling Barrier System, atau pembatas jalan dengan teknologi silinder putar ini, dipasang di 2 titik rawan kecelakaan, antara jalur Magetan menuju Karanganyar, Jawa Tengah.

Satu dipasang di tanjakan jalur Telaga Sarangan, Magetan. Satu lagi dipasang di Mojosemi di sekitar Telaga Sarangan. Pembatas jalan berwarna kuning ini, dipasang dengan panjang 30 meter. Sementara di tanjakan dan turunan Mojosemi dipasang Rolling Barrier sepanjang 150 meter. Tujuannya, agar tidak ada lagi mobil masuk jurang, sebagaimana yang pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan petugas juga menempatkan sejumlah personil gabungan untuk membantu mengganjal mobil yang tidak kuat melaju di jalan menanjak.

Sementara itu, petugas gabungan dari Satlantas Polresta Mojokerto dan Dinas Perhubungan, mengecek kelaikan jalan armada bus AKAP dan AKDP di Terminal Kertajaya. Selain memeriksa kelaikan jalan armada bus, petugas juga memeriksa kelengkapan armada seperti wiper, lampu sein dan lampu utama, klakson, rem tangan, serta roda bus. Dan yang tak kalah pentingnya, petugas melakukan tes urine kepada awak bus untuk mengantisipasi penggunaan obat-obatan terlarang dan narkoba.

Pemeriksaan kelaikan armada bus seperti ini akan terus dilakukan oleh petugas demi meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya. Petugas juga menghimbau kepada sopir bus untuk tidak mengoperasikan armadanya jika tak laik jalan, dan istirahat yang cukup sebelum mengemudikan bus. Demikian diberitakan pada Liputan6, 18 Desember 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 December 2019, 21:45 WIB

Video Terkait

Spotlights