Sukses

Risma Ingin Banyak Bangun Saluran Air di Surabaya, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya berupaya menambah saluran air sebanyak-banyaknya. Hal ini mengingat makin padatnya perumahan dan juga agar kawasan sekitar aman dari genangan air.

Salah satu langkah dilakukan Pemkot Surabaya dengan membangun tempat penampungan air baru di Jalan Pattimura, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur. Pembangunan ini untuk mengantisipasi genangan air saat musim hujan.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menuturkan, pembangunan penampungan air baru di Jalan Pattimura ini juga untuk mengatur jalannya air agar tidak turun deras (meluber).

"Di situ dibangun saluran penumpang air agar airnya tidak turun deras ke penurunan itu tadi. Jadi supaya turunnya tidak nggrojok langsung. Makanya, kita buat saluran baru dan pelebaran,” ujar dia, seperti mengutip Antara, Jumat (20/12/2019).

Ia menuturkan, penampungan air seperti itu, sebelumnya sudah pernah dikerjakan untuk menyelesaikan permasalahan genangan air yang terjadi di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya. Bahkan, upaya itu berhasil mengatur aliran debit air yang mengalir.

“Itu persis saat kita menyelesaikan di Jalan Mayjend Sungkono. Makanya bisa clear seperti itu karena aliran airnya kita arahkan,” tutur dia.

Risma menuturkan, semakin lama di wilayah tersebut makin padat perumahan. Oleh karena itu, pihaknya kemudian menambah saluran air sebanyak-banyaknya. Hal ini agar kawasan sekitar aman dari genangan air.

"Artinya kalau banyak dibangun perumahan maka serapan airnya juga berkurang. Itu kenapa pemasangan saluran air tidak hanya tahun ini saja. Tahun mendatang juga," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Rumah Pompa Petekan

Risma juga memastikan perkembangan pembangunan rumah pompa Petekan yang terletak di ujung Sungai Kalimas. Ia juga mendorong kepada pekerja proyek agar lebih cepat dalam merampungkan proyeknya.

"Sebenarnya targetnya di tanggal 27 bulan ini, tetapi saya minta lebih cepat. Sebenarnya bisa cuma mereka (pekerja proyek) ragu-ragu,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan, pembuatan penampungan di Jalan Pattimura itu mulai dikerjakan Kamis, 13 Desember 2019. "Kami langsung kerjakan dan prediksi selesai sekitar satu bulan mendatang,” ujar dia.