Sukses

Peringati Hari Ibu, Yuk Ajak Jalan-Jalan ke Taman di Surabaya Ini

Hari Ibu Nasional jatuh pada 22 Desember. Untuk memperingatinya, yuk rayakan Hari Ibu Nasional dengan berkunjung ke taman yang ada di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu Nasional diperingati setiap 22 Desember di Indonesia. Hari Ibu Nasional menjadi salah satu momen untuk menyatakan cinta dan kasih sayang kita kepada Ibu. 

Mengutip Fimela.com ternyata Hari Ibu Nasional yang jatuh pada 22 Desember diambil dari perayaan ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang saat itu diadakan pada 22 hingga 25 Desember 1928.

Kongres pertama yang diadakan di Yogyakarta ini dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra.

Organisasi perempuan di Indonesia sudah ada sejak 1912 yang terinspirasi dari para pahlawan perempuan Indonesia seperti Kartini, Cut Nyak Meutia, dan Dewi Sartika.

Tanggal 22 Desember dipilih untuk merayakan semangat dari perempuan Indonesia dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Seiring berjalannya waktu, Hari Ibu Nasional dijadikan sebagai peringatan masyarakat dalam mengungkapkan rasa cinta terhadap sosok ibu.. 22 Desember diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Untuk memperingati Hari Ibu Nasional, Anda bisa mengajak Ibu berjalan-jalan ke taman yang ada di Surabaya. Di mana saja tamannya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (22/12/2019).

1.Taman Lansia

Surabaya mempunyai julukan kota sejuta taman karena terdapat banyak taman di kota ini. Salah satu taman yang ada di Surabaya adalah Taman Lansia.

Melansir dari situs resmi surabaya.go.id, Taman Lansia berada di Jalan Biliton dengan luas 2594 m2. Taman ini didesain menyediakan berbagai fasilitas yang diperuntukkan untuk lansia (lanjut usia).

Taman Lansia berdiri menggantkan SPBU yang dialihfungsikan menjadi taman. Beberapa fasilitas yang ada di Taman Lansia adanya sarana bermain anak, taman bunga, air mancur, jalur refleksi yang dilengkapi dengan tiang-tiang penyangga bagi lansia.

Untuk memperingati Hari Ibu Nasional, tidak ada salahnya Anda merayakannya dengan mengajak Ibu ke Taman Lansia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Taman Harmoni

2.Taman Harmoni

Selain Taman Lansia, Surabaya juga mempunyai taman yang indah dan menarik perhatian, yaitu Taman Harmoni. Taman Harmoni juga dikenal dengan Taman Sakura.

Sebelum menjadi Taman Harmoni, area ini tadinya adalah tempat pembuangan sampah. Pemrintahan Kota Surabaya mengalihfungsikan menjadi taman adalah bentuk perhatian dari pemerintah untuk mengurangi beban polusi di Surabaya seperti dikutip dari web Humas Surabaya.

Taman Harmoni terletak di Jalan Keputih Tegal Timur 2 No.249 Keputih, Sukolilo, tepatnya di belakang Terminal Angkot Keputih.

Di Taman Harmoni terdapat berbagai bunga yang indah seperti mawar, matahari, dan sakura. Beberapa fasilitas pun sudah dibangun seprti toilet, mushola, tempat parkir, dan area bermain bagi anak-anak.

 

3. Taman Mozaik

Setelah Taman Lansia dan Taman Harmoni, Anda bisa merayakan Hari Ibu Nasional di Taman Mozaik. Taman Mozaik ini baru saja selesai dibangun. 

Taman Mozaik adalah salah satu taman yang mempunyai keunikan, yaitu landmark yang dipenuhi dengan kaca bentuk mozaik berwarna-warni.

Taman Mozaik terletak di Jalan Wiyung Praja, Surabaya. Taman ini banyak dikunjungi karena bentuknya yang unik dan instagramable. Banyak spot-spot foto unik yang dapat anda jelajahi di Taman Mozaik ini.

Ada banyak tanaman rimbun yang membuat Taman Mozaik ini menjadi teduh. Taman Mozaik dulunya adalah rawa-rawa yang tidak terurus keberadaannya. Anda bisa merayakan Hari Ibu Nasional dengan mengabadikan gambar dengan Ibu tercinta.

 

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.