VIDEO: Kali Pait di Bondowoso Menawarkan Keindahan Membelah Bebatuan

VIDEO: Kali Pait di Bondowoso Menawarkan Keindahan Membelah Bebatuan

Bersumber dari puncak kawah Gunung Ijen, Kali Pait di Bondowoso, Jawa Timur menjelma menjadi sungai eksotis. Air yang mengalir membelah kawasan hutan dan tebing batu gunung, menjadikan sungai kecil ini menyuguhkan pesona berbeda dengan air berwarna hijau kekuningan, dengan rasa air yang pahit. Sehingga dikenal dengan Kali Pait (Sungai Pahit). Berikut simak videonya pada Fokus, 16 Desember 2019.

Berbicara kecantikan alam Pegunungan Ijen, seakan tidak ada habisnya. Salah satunya saat melihat aliran Kali Pait, di Bondowoso, Jawa Timur. Kali Pait yang berasal dari bahasa Jawa, berarti Sungai Pahit karena rasa air sungai ini memang pahit akibat kandungan belerang.

Namun, Kali Pait menawarkan sisi pesona lain, yakni keindahan kontur dan warna airnya. Campuran belerang membuat air sungai ini berwarna hijau kekuningan, dengan tingkat visibiliti tinggi sehingga dasar sungai bisa terlihat dengan jelas.

Sementara, kontur aliran sungai yang membelah tebing batu gunung yang tersusun alamiah sejak ratusan tahun silam, membuat aliran sungai ini semakin menunjukkan kecantikannya.

Maka tak heran, banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri langsung terpana dengan keelokan sungai kecil ini. Kali Pait sendiri bersumber dari puncak kawah Gunung Api Ijen, sehingga airnya tak pernah surut saat musim kemarau sekalipun. Tak perlu merogoh saku terlalu dalam untuk menikmati pesona Kali Pait. Wisatawan hanya ditarik Rp. 5.000 per orang sebagai pengganti biaya parkir.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 December 2019, 11:00 WIB

Video Terkait

Spotlights