Sukses

Ini Cara Pemprov Jatim Sejahterakan Atlet Berprestasi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berjanji akan memberi jaminan kesejahteraan kepada para atletnya yang berprestasi di kancah internasional dengan cara memberi besiswa pendidikan serta menyediakan lapangan pekerjaan.

"Bonus bagi para atlet yang berprastasi bukan satu-satunya penghargaan dari Pemprov Jawa Timur. Gubernur Khofifah Indar Parawansa berpesan agar memperhatikan masa depan mereka," ujar Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Heru Tjahjono saat dikonfirmasi di Surabaya, Minggu malam, 22 Desember 2019.

Bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya tadi malam, mantan Bupati Tulungagung itu mewakili Gubernur Khofifah memberikan bonus berupa sejumlah uang terhadap para atlet yang turut mendulang medali untuk Indonesia dalam penyelenggaraan SEA Games ke-30 di Manila, Filipina, dilansir dari Antara.

Pada pesta olahraga bagi negara-negara ASEAN yang berlangsung pada 25 November hingga 10 Desember 2019 itu, Jawa Timur mengirim 121 atlet dan 29 pelatih. Di antaranya berhasil menyumbang 26 medali emas, 19 perak dan 19 perunggu dari total 72 medali emas, 84 perak dan 111 perunggu yang diraih Indonesia.

Dalam kesempatan itulah, Heru memastikan Pemprov Jatim akan menjamin kesejahteraan para atlet prestasi tersebut.

"Kami sudah berpesan kepada Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Jatim untuk menyampaikan kepada para atlet yang berprestasi di tingkat dunia bahwa ada beasiswa pendidikan hingga jenjang Strata 3. Selain itu, nantinya kami bisa merekomendasikan atlet berprestasi ini untuk bekerja, minimal di perusahaan badan usaha milik daerah," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Ketua KONI Jatim Apresiasi Gubernur Khofifah

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung mengapresiasi penghargaan jaminan kesejahteraan dari Pemprov Jatim bagi para atlet yang berprestasi di tingkat dunia.

"Memang atlet ini adalah anak-anak bangsa yang berprestasi. Pagi-sore waktunya dihabiskan untuk berlatih demi Jawa Timur dan Indonesia. Makanya masa depan studinya harus diperhatikan dan dijamin negara," ujarnya.

Secara khusus dia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang telah memperhatikan masa-masa sekolah dan kuliahnya karena terbuang untuk berlatih.

"Malah Gubernur minta atlet yang berprestasi di tingkat dunia ini diberi beasiswa sampai Strata 3, begitu pula terhadap pelatihnya. Saya kira Jawa Timur merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberi beasiswa kepada atletnya sampai jenjang kuliah Strata 3," ucapnya.