Sukses

12 Pantai di Tulungagung yang Hits dan Unik, Bikin Liburan Makin Istimewa

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Tulungagung. Terkenal dengan daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, Tulungagung memiliki beragam potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut. Sebagian wilayah Tulungagung merupakan wilayah peunungan Wilis-Liman. Ini menjadikan Tulungagung memiliki wisata alam pegunungan yang memesona.

Namun, tak cuma pegunungan, di sebelah selatan, Tulungagung berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ini menjadikan Tulungagung punya jajaran pantai yang eksotis memanjakan mata. Pantai-pantai di Tulungagung ini menjadi destinasi favorit untuk berlibur.

Berikut 12 pantai di Tulungagung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(23/12/2019).

2 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang

Salah satu pantai yang terkenal di Tulungagung adalah Pantai Kedung Tumpang. Pantai ini makin jadi destinasi hits saat mulai populer di media sosial. Keunikan dari pantai ini adalah adanya gugusan karang yang membentuk kolam-kolam kecil di pinggir pantainya. Kolam-kolam inilah yang disukai pengunjung untuk berenang, berfoto, atau sekadar bermain air.

Pantai Popoh

Selain Kedung Tumpang, destinasi favorit pantai lainnya adalah Pantai Popoh. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Ombak di pantai ini juga tergolong tenang untuk dijadikan tempat bermain air. Pasirnya yang putih bersih menjadikan tempat ini tujuan favorit berekreasi di akhir pekan dan hari libur.

3 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Coro

Pantai Coro masih terbilang baru dibanding pantai di Tulungagung lainnya. Lokasi pantai ini berada tak jauh dari Pantai Popoh, hanya berjarak beberapa kilometer. Pantai Coro menawarkan hamparan pantai pasir putih dikelilingi tebing karang yang kuat.

Pantai Pathuk Gebang

Pantai Pathuk Gebang berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini juga termasuk pantai baru yang tak kalah indah panoramanya. Di pantai ini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan batu karang yang menyerupai bendungan. Deburan ombak yang menghantam batu karang ini menjadi daya tarik panorama tersendiri bagi Pantai Pathuk Gebang.

4 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Molang

Pantai Molang berada di daereh Pucang Laban, Tulungagung yang merupakan daerah perbatasan Tulungagung dan Blitar. Daya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan hijau. Pantai ini juga kerap dijadikan tempat berkemah dan menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Pantai Sine

Pantai ini berada di Dusun Sine RT. 05 RW. 01, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Daya tarik pantai ini adalah adanya perkampungan nelayan yang dikenal ramah. Pantai ini dikelilingi tebing dengan sumber mata air jernih untuk warga, hutan lindung yang rindang, dan spot matahari terbit yang eksotis.

5 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit berad di Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Daya tarik dari pantai ini adalah bebatuan besar yang tersebar di sepanjang pantai. Sekilas, jika mengunjungi pantai ini kamu seasa berada di Belitung. Ini yang menjadikan Pantai Pucang Sawit kerap disebut Belitungnya Jawa Timur.

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur berada di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini berada di kawasan pengunungan dengan jalur yang cukup rumit. Meski jalur yang tak mudah ditempuh, keindahan pantai ini tak mengecewakan perjuanganmu. Di sini kamu akan merasakan ketenangan pantai dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang mengalun.

6 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Gerangan

Pantai Gerangan berada di Ngrejo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini cukup tersembunyi dan tak banyak dikunjungi orang, cocok bagi kamu yang mencari ketenangan.

Pantai Brumbun

Pantai Brumbun berada tak jauh dari Pantai Gerangan. Lokasinya yang juga tersembunyi membuat pantai ini masih nampak alami dan sejuk dipandang. Karena rutenya melewati pegunungan, pantai ini nampak indah dengan kombinasi panorama birunya laut dan hijaunya pegunungan.

7 dari 7 halaman

Pantai di Tulungagung

Pantai Sidem

Pantai Sidem berada tak jauh dari pantai Popoh. Pantai ini cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, Pantai Sidem merupakan pantai dengan pasir hitam.

Pantai Klatak

Pantai Klatak berlokasi di Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini cocok dijadikan tempat unutk menyaksikan matahari terbit. Daya tarik lainnya dari pantai Klatak adalah adanya budidaya lobster. Tak seperti pantai lainnya yang berpasir lembut, Pantai Klatak memiliki hamparan bebatuan kecil dan karang yang berdiri kokoh.