Sukses

Polresta Sidoarjo Bikin Pos Pelayanan Natal 2019 Ramah Lingkungan

Konsep Go Green atau ramah lingkungan diangkat Polresta Sidoarjo pada pembangunan Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bundaran Taman Pinang, Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye peduli lingkungan terus menerus digalakkan oleh Polresta. Salah satunya Polresta Sidoarjo, Jawa Timur yang membangun Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan konsep ramah lingkungan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, konsep Go Green atau ramah lingkungan diangkat Polresta Sidoarjo pada pembangunan Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bundaran Taman Pinang, Sidoarjo.

"Pos polisi berukuran 16 X 6 meter itu dibangun dengan nuansa tradisional. Bahan yang digunakan, hiasan dan kelengkapannya, semua ramah lingkungan," kata dia di Sidoarjo, seperti dikutip dari Antara, Senin 23 Desember 2019.

Ia menyebutkan, dinding pos polisi itu berlapis anyaman bambu, termasuk atap dan juga lantainya yang terbuat dari bahan kayu.

"Meja dan kursinya juga semua kayu. Beberapa kursi bahkan dari tanah liat, termasuk tempat minum, seperti kendi tanah liat, gelas tanah liat, dan sebagainya," ujar dia.

Ia menuturkan, tidak ada bahan plastik di pos pelayanan tersebut karena konsepnya memang go green atau ramah lingkungan.

"Nuansa hijau juga terlihat di sekeliling pos. Bagian depan terdapat tanaman bunga. Sementara beberapa ruangan, juga berhias sejumlah tanaman dan bunga. Menambah kesan hijau," kata dia.

Pembangunan pos pelayanan ramah lingkungan ini, kata dia, selain untuk memberikan rasa nyaman dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, pos pelayanan berkonsep hijau ini juga ikut kampanye mengajak masyarakat agar selalu peduli lingkungan.

Ia mengatakan, sebagai bentuk dukungan terhadap kepedulian lingkungan disiapkan loket khusus untuk penukaran 10 botol plastik bekas yang dapat ditukar oleh masyarakat dengan satu buah thumbler.

"Konsep Go Green yang diterapkan dalam pos polisi di Sidoarjo tersebut juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang getol mengampanyekan gerakan peduli lingkungan," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Lilin Semeru 2019

Pos pelayanan di sebelah Bundaran Taman Pinang ini terbagi dalam tiga ruangan. Paling kiri merupakan ruang santai dengan konsep terbuka, sehingga penerangan dan udara dari luar langsung masuk.

"Petugas bisa memanfaatkannya untuk memantau arus lalu lintas. Masyarakat juga bisa menggunakannya untuk tempat bersantai atau beristirahat," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar.

Ruang bagian tengah merupakan ruang pelayanan, ruang tamu, ruang kesehatan, ruang pijat, dan tempat bermain anak. Sedangkan bagian paling kanan, merupakan rang informasi, ruang CCTV, tempat petugas piket, mushola, dan tempat istirahat petugas. Semua ruangan dilengkapi dengan wifi gratis.

"Masyarakat kami silakan untuk memanfaatkan pos pelayanan ini. Sekedar beristirahat atau untuk mencari informasi seputar lalu lintas dan berbagai hal terkait Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," kata dia.

Secara keseluruhan, dalam Operasi Lilin Semeru 2019 ini Polresta Sidoarjo membangun lima pos pengamanan, dua pos terpadu, dan dua pos pelayanan yang tersebar di berbagai daerah di Sidoarjo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.