Sukses

7 Wisata Religi Umat Kristiani di Jawa Timur, Perdalam Ilmu dan Iman

Ada gereja tertua di Jawa Timur, tepatnya di Jombang.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Natal. Beragam persiapan pun telah mereka lakukan untuk perisiapan beribadah. Setelah menyelesaikan ibadah, beragam aktivitas lainnya pun dilakukan. Sebagai alternatif,bisa mencoba mengunjungi tempat wisata religi yang ada di Jawa Timur. Mengunjungi tempat wisata rohani Kristiani kamu bisa memperdalam iman dan pengetahuan sejarah agama. 

Di Jawa Timur tempat wisata religi umat Kristiani pun cukup beragam. Beberapa wilayah kerap dijadikan sebagai tujuan wisata religi umat Kristiani dengan menyajikan beragam destinasi. Mulai dari sejarah, bangunan dengan desain unik, dan berbagai patung dengan keindahannya.

Tempat wisata religi umat Kristiani di Jawa Timur sangat menarik untuk dikunjungi dan cocok untuk liburan bersama keluarga. Berikut tujuh tempat wisata religi umat Kristiani yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria, Surabaya

Tempat wisata religi umat Kristiani di Jawa Timur selanjutnya Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria atau lebih dikenal dengan sebutan Gereja Katolik Kepanjen. Gereja Katolik Kepanjen ini digadang-gadang menjadi gereja tertua yang ada di Surabaya. Selain itu, Gereja Katolik Kepanjen juga menjadi gereja Katolik pertama yang ada di Surabaya.

Gereja ini memiliki arsitektur bangunan yang membuat pengunjungnya serasa sedang di luar negeri. Gereja Katolik Kepanjen ini bergaya gotik jika ditilik dari seni arsitekturnya. Hal ini dibuktikan dengan bentuk dari jendela, pintu, langit-langit, hingga dari atap gerejanya. Bangunan dengan arsitektur kuno inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Gereja tua ini dapat ditemukan di Jalan Kepanjen, Surabaya. Tepatnya di sebelah gedung SMA Katolik Frateran Surabaya.

3 dari 8 halaman

Gereja Kristen Indonesia Ngagel, Surabaya

Tempat wisata religi umat Kristiani di Jawa Timur yang bisa dikunjungi adalah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Ngagel. Gereja ini terletak di Jalan Ngagel Jaya Utara 81, kota Surabaya. 

Gedung gereja ini dilengkapai dengan gedung pertemuan, kantor gereja, perpustakaan, dan ruang pendeta yang terletak dalam sebidang tanah seluas + 950 meter persegi. Gedung Serba Guna (GSG), sebuah gedung dengan 4 lantai,  secara rutin digunakan untuk  ruang-ruang kelas sekolah minggu terletak dua rumah di samping gedung gereja.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di gereja ini seperti kebaktian Minggu, Doa Pagi, Persekutuan Doa Lansia, Pemahaman Alkitab, Latihan Pemusik Pemandu Kebaktian Minggu, Persiapan Pelayan Jemaat Anak (PJA), Persiapan Pendamping Pra Remaja, dan Persekutuan Remaja.

4 dari 8 halaman

Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat “Maranatha”

Di Surabaya, terdapat gereja yang dijadikan sebagai cagar budaya, yaitu Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat “Maranatha”. Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat “Maranatha” ini terletak di Jalan Yos Sudarso 2- 4, Kelurahan Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Bangunan gereja ini memiliki arsitektur Belanda Kolonial berciri Art Deco. Kondisi bangunan ini dapat dilihat dari atapnya yang besar dan rendah, serta gaya jendela dan pintunya khas Belanda.

Menariknya lagi, Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat Jemaat “Maranatha” ini juga dijadikan sebagai cagar budaya pada tahun 2013 seuai SK WALIKOTA SURABAYA No. 188.45/573/436.1.2/2011 oleh Pemerintah Kota Surabaya.

5 dari 8 halaman

Gua Maria Lourdes, Kediri

Tempat wisata religi umat Kristiani yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Jawa Timur adalah Gua Maria Lourdes. Tempat wisata religi yang lebih dikenal dengan nama Gua Maria Lourdes Pohsarang.

Gua ini merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terletak di kompleks Gereja Pohsarang, Desa Puhsarang, Semen, Kediri, Jawa Timur. Gua ini merupakan replika dari Gua Maria yang terdapat di Lourdes Prancis yang terkenal sebagai tempat penampakan Bunda Maria kepada St Bernadette.

Bukan hanya menampilkan patung Bunda Maria yang berdiri di dalam gua, di sini kamu juga bisa menyaksikan patung-patung yang menggambarkan kisah-kisah rohani.

6 dari 8 halaman

Gereja Kristen Jawi Wetan, Jombang

Gereja Kristen Jawi Wetan adalah salah satu tempat wisata religi yang berada di Kecamatan Mojowarno , Kabupaten Jombang , Jawa Timur. Gereja ini merupakan gereja tertua di Jawa Timur.

Ya, walaupun Jombang dikenal sebagai Kota Santri, namun kawasan Mojowarno justru dihuni oleh mayoritas umat Kristen. Salah satu buktinya dengan adanya Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang merupakan salah satu gereja kuno yang dibangun sejak Februari 1879.

Gedung gereja ini masih mempertahankan keasliannya, mulai dari arsitektur yang bergaya kolonial, sampai bangku-bangku panjang untuk ibadah yang terbuat dari kayu jati berusia lebih satu abad.

7 dari 8 halaman

Gereja Merah, Kediri

Mirip dengan namanya, gereja ini memiliki warna bangunan merah dengan bergaya arsitektur Gotik. Gereja ini memiliki nama asli GPIB Immnnuel yang berdiri pada 1904 dengan warna putih gading, sebelum akhirnya dicat menjadi merah pada 2005.

Apabila kamu tertarik berkunjung ke sini, langsung saja menuju Jalan KDP Slamet No. 43, Bandar Lor, Mojorot, Kediri.

8 dari 8 halaman

Desa Peniwen, Malang

Tempat wisata religi umat Kristiani di Jawa Timur yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Desa Peniwen di Malang. Kata Peniwen berasal dari dua suku kata, yaitu Peni merupakan singkatan dari kata Nyimpen dan memiliki arti tempat untuk menyimpan. Sedangkan Wen merupakan singkatan dari kata Deduwen dan memiliki arti benda atau barang.

Desa ini dikenal sebagai pusatnya agama Kristen di Kabupaten Malang. Tak heran kalau penduduk di sekitar desa juga memeluk agama Kristen. Desa ini cocok dikunjungi apabila kamu tertarik dengan atau ingin menikmati keindahan religi yang damai dan penuh cinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini