Sukses

VIDEO: Pabrik Pengolahan Teh Milik PTPN XII Terbakar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pabrik pengolahan teh milik PTPN XII, di Lumajang, Jawa Timur, terbakar pada Senin pagi. Banyaknya material mudah terbakar membuat sulitnya proses pemadaman.

Sementara di Nganjuk, kebakaran juga meludeskan sebuah rumah milik warga. Diduga, kebakaran akibat pemilik rumah lupa mematikan kompor.

Kepulan asap dan api di area Gudang 01 dan Gudang 02, Pabrik Pengolahan Teh Kertowono, milik PTPN XII di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Lumajang, membumbung tinggi. Berikut video liputannya pada Fokus, 24 Desember 2019.

Pabrik milik BUMN ini terbakar sejak Senin dini hari, saat karyawan pabrik baru selesai melakukan proses pengeringan teh.

Tak diketahui sebabnya, api tiba-tiba muncul dari sekitar heater, atau mesin pengering teh. Banyaknya material mudah terbakar, membuat api cepat menyebar dan relatif sulit dipadamkan.

Sejumlah karyawan langsung menyelamatkan barang-barang pabrik, dan produk teh yang belum terbakar. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Sementara di Kabupaten Nganjuk, rumah milik Puji Rahayu, warga Jalan Diponegoro, Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Kota Nganjuk, ludes dilalap api.

Kebakaran diduga kuat karena pemilik rumah, lupa mematikan kompor, saat ditinggal berjualan di sekitar Alun-alun Nganjuk. Sempat terdengar ledakan, sebelum api membesar membakar rumah.

Warga yang mengetahui hal itu, langsung berupaya mengamankan barang-barang milik korban. Petugas PMK yang datang ke lokasi kejadian, baru bisa memadamkan api 1 jam kemudian. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta. Kasus tersebut masih dalam penanganan pihak Polsek Kota Nganjuk.