Sukses

Polda Pastikan Perayaan Natal di Jatim Aman

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menjamin keamanan umat Nasrani di wilayah setempat dalam merayakan Hari Raya Natal.

Luki ditemui di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/12), menyebut pihaknya telah melakukan pengamanan Natal secara khusus yang lebih sederhana, tapi tetap waspada agar tidak menimbulkan ketakutan hingga kekhawatiran masyarakat.

"Kita berikan kepada masyarakat supaya tidak ada rasa ketakutan. Jadi kami tetap memprioritaskan pengamanan, bukan berarti kita dengan operasi ini masyarakat justru menjadi takut," kata Luki, dilansir dari Antara.

Luki memastikan, situasi di Jatim aman. Hal itu terlihat umat Nasrani yang merayakan dan mengikuti kebaktian, berbondong-bondong membawa anak beserta keluarganya.

Tak hanya itu, Luki menyebut selain pengamanan, para kiai dan habib di Jatim turut mendoakan kelancaran ibadah dan pengamanan ini. Luki berjanji akan melakukan semuanya dengan all out.

"Kami melihat kebahagiaan, bisa ditanya bagaimana masyarakat menuju gereja. Kami berikan all out dan didukung para kiai, habib untuk doa semuanya untuk Jatim," ujar Luki.

 

2 dari 3 halaman

Jumlah Personel yang Dikerahkan

Mengenai jumlah personel yang mengamankan gereja, Luki menyebut pihaknya menyesuaikan kapasitas gereja. Jika gerejanya besar dan memiliki jemaat banyak, polisi akan memberikan pengamanan lebih.

"Beragam personelnya, sesuai dengan jumlah di mana misa berlangsung, jadi kita disesuaikan," kata Luki.

Di kesempatan yang sama, salah satu jemaat Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya, Helena mengaku sangat berterima kasih. Kini, Helena tak lagi khawatir dan merasa aman karena banyak aparat yang berjaga.

"Sangat bagus sekali, sangat beda dengan tahun kemarin. Di mana-mana banyak aparat pakai seragam semua jadi kita merasa aman. Saya merasa berterima kasih sekali dengan kunjungan Gubernur, Kapolda, kelihatan sekali bahwa Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia ini benar-benar terjaga dengan baik," ujar Helena.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini