Sukses

Alasan Ridwan Kamil Pilih Banyuwangi Jadi Destinasi Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya memilih Banyuwangi menjadi destinasi liburan akhir tahun 2019. Ia datang ke Banyuwangi menggunakan pesawat komersial rute Bandung-Banyuwangi. Ia memuji konsep Bandara Banyuwangi yang mengusung terminal hijau.

“Bandara Banyuwangi ini luar biasa, arsitekturnya keren, kecil tetapi unik, senang sekali berada di sini,” ujar Ridwan Kamil, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (26/12/2019).

Selain estetikanya indah dengan atap berbentuk penutup kepala khas Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi), Bandara Banyuwangi juga menginspirasi karena mengedepankan pendekatan hemat energi yang mengutamakan penghawaan udara alami, tidak menggunakan AC kecuali di ruang tertentu. Penanaman berbagai jenis tanaman, konservasi air dan pencahayaan alami ikut mendukung konsep arsitektur hijau.

Ridwan Kamil tiba di Banyuwangi pada Rabu, 25 Desember 2019 dan menginap di salah satu resor yang terletak di bawah kaki Gunung Ijen. Ia dijawalkan mengunjungi sejumlah destinasi di Banyuwangi. Salah satunya, menyaksikan fenonema api biru di Kawah Ijen yang tersohor.

Kekagumannya terhadap Banyuwangi membuat Ridwan Kamil ikut mempromosikan pariwisata di kabupaten ini.

“Ayo berkunjung ke Banyuwangi dan jadikan Banyuwangi sebagai destinasi terbaik,” ucapnya.

Ridwan Kamil juga berharap pembangunan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu bisa sukses untuk mencapai kemajuan-kemajuan baru.

“Saya harap Banyuwangi bisa menginspirasi daerah-daerah lain,” tuturnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun berharap kehadiran Ridwan Kamil bisa menularkan semangan inovasi untuk membawa Banyuwangi lebih maju di masa mendatang. Ia meyakini kehadiran Ridwan Kamil akan semakin mengangkat pariwisata Banyuwangi.

Menurut Azwar, cara berpromosi paling ampuh adalah dengan tidak berpromosi, sebab orang lain sudah ikut mempromosikannya.

“Kalau Ridwan Kamil sudah mengajak ke Banyuwangi, tentu anak-anak muda se-Indonesia tertarik datang ke sini,” kata Azwar.