Sukses

4 Taman di Surabaya Jadi Pilihan Wisata saat Libur Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki banyak taman membuat Surabaya, Jawa Timur dijuluki sebagai Kota Sejuta Taman. Taman-taman yang menghiasi setiap sudut kota Surabaya itu seolah menjadi angin segar dari kawasan metropolitan ini.

Berbagai macam taman ada di Surabaya, dari mulai taman khusus anak-anak sampai lansia. Semua itu adalah usaha dari Pemerintah Kota Surabaya untuk memfasilitasi masyarakatnya.

Taman-taman ini juga sudah berkembang menjadi tempat wisata karena ada fasilitas yang memadai dan dinilai cocok untuk sarana rekreasi.

Selain itu, banyak taman di Surabaya juga dijadikan sebagai wisata edukasi yang berisikan sejarah-sejarah yang pernah terjadi di Surabaya.

Jika Anda menghabiskan libur panjang akhir tahun di Surabaya, tak ada salahnya Anda mengunjungi beberapa tamannya.  Berikut taman-taman yang cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir tahun mengutip dari laman surabaya.go.id, Jumat (27/12/2019):

1.Taman Flora

Taman Flora adalah salah satu taman yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata akhir tahun, terutama bagi anak-anak. Taman Flora terletak di Daerah Bratang (Utara Terminal Bratang), Surabaya. Taman ini mempunyai tema, yaitu flora. Taman Flora ini mempunyai bermacam-macam tumbuhan.

Selain tumbuh-tumbuhan, terdapat juga beragam jenis hewan di Taman Flora. Hewan-hewan tersebut di antaranya adalah rusa tutul, burung merak, monyet, beraneka ragam burung, dan lainnya.

Taman Flora juga menyediakan fasilitas-fasilitas seperti WiFi, sarana untuk outbond, bibit tanaman, koleksi hewan-hewan, sarana bermain, ruang publik, plaza, air mancur, kolam buatan, jalur refleksi, dan taman yang ditumbuhi banyak tanaman.

2 dari 5 halaman

Taman Apsari

2. Taman Apsari

Taman selanjutnya adalaha Taman Apsari. Taman Apsari terletak di pusat kota tepatnya di Jalan Taman Apsari, Surabaya. Taman Apsari mempunyai tema “perjuangan “. Hal ini dapat dibuktikan dengan di area pintu masuk utama, dapat langsung ditemui patung Gubernur Suryo Selain patung Gubernur Suryo, Anda dapat menemui patung Joko Dolog.

Selain itu, di kawasan Taman Apsari ini juga terdapat bangunan seperti Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur dan kantor pos. terdapat juga lapangan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkumpul atau sekadar jalan-jalan.

Terdapat juga berbagai jenis tanaman yang menghiasi taman ini. Ada sekitar 20 jenis tanaman dan bunga yang ditata di Taman Apsari. Tumbuhan-tumbuhan itu disesuaikan dengan kehadiran dua ikon sejarah, yaitu Gubernur Suryo dan peninggalan arkeologis Patung Joko Dolog.

3 dari 5 halaman

Taman Mundu

3. Taman Mundu

Selain Taman Flora dan Taman Apsari, Anda juga dapat mengunjungi Taman Mundu untuk menghabiskan libur akhir tahun.

Taman Mundu ini terletak di Jalan TambakSari tepatnya di depan Stadion TambakSari, Surabaya. Taman ini cukup megah karena didesain dengan apik dan menawan. Dengan konsep modern dan minimalis, taman ini cocok untuk dikunjungi oleh milenial.

Taman ini diberi nama Mundu karena sesuai dengan nama jalannya. Tak hanya itu, di taman ini juga ditanami beberapa pohon mundu. Pohon mundu saat ini sudah sulit ditemui keberadaannya di Surabaya. Terdapat juga permainan air mancur yang diterpa oleh lampu warna-warni dan memikat setiap mata yang memandangnya.

Taman Mundu juga menyediakan fasilitas seperti WiFi, area plaza yang cukup megah, taman yang berwarna-warni, dan sarana untuk bermain.

4 dari 5 halaman

Taman Teratai

4. Taman Teratai

Taman Teratai adalah salah satu taman yang ada di Surabaya. Taman ini terletak di Jalan Teratai, Surabaya. Taman Teratai ini diterjemahkan secara visual dengan jalan yang dibentuk menjadi lingkaran-lingkaran yang saling tumpang-tindih (overlap). Lingkaran tumpang-tindih

Selain itu, fasilitas yang ada di Taman Teratai adalah lapangan futsal, wahana permanan, dan kola mar mancur. Tak hanya itu, di pinggir taman terdapat pohon Angsana (sono).

Ada juga jogging track yang sebagiannya difungsikan sebagai jalur pijat refleksi yang memutari kolam air mancur. Sambil memijat, Anda dapat menikmati pemandangan kolam air mancur tersebut.

 

(Shafa Tasha Fadhila-Mahasiswa PNJ)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini