VIDEO: Ribuan Ikan Mati di Kali Lamong, Nelayan Harap Ada Perhatian Pemerintah

VIDEO: Ribuan Ikan Mati di Kali Lamong, Nelayan Harap Ada Perhatian Pemerintah

Diduga tercemar limbah perusahaan, ribuan ekor ikan di muara Kali Lamong, Gresik, Jawa Timur, mati. Nelayan, bersama pihak desa, langsung menyisir ke arah hulu sungai, mencari penyebab matinya ribuan ekor ikan tersebut. Lantaran mencari ikan menjadi mata pencaharian tetap mereka sehari-hari.

Sebuah video amatir memperlihatkan para nelayan memungut ribuan ekor ikan mati mendadak di muara Kali Lamong, Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik Jawa Timur. Meski ikan-ikan itu sudah mulai berbau busuk, nelayan tetap mengambilnya untuk dijemur, dan diolah kembali. Berikut videonya pada Liputan6, 26 Desember 2019.

Ribuan ekor ikan yang mati, seperti ikan belanak, krapu, dan kakap besar, berukuran 2 kilogram. Akibat ribuan ekor ikan mati, hasil tangkapan nelayan desa setempat menurun dratis, sejak 2 hari terakhir. Peristiwa ini diduga akibat pencemaran limbah perusahaan, yang tergolong parah, sebab banyak ikan kakap besar ikut mati.

Bersama nelayan, pihak desa, langsung menyisir menggunakan perahu, menuju arah hulu sungai, mencari penyebab kematian ikan. Namun, setelah 1 jam penyisiran tidak ditemukan limbah yang diduga menjadi penyebab kematian ribuan ekor ikan di muara Kali Lamong.

Dugaan adanya pencemaran limbah itu, Dinas Lingkungan Hidup setempat, sudah mengambil sampel air Kali Lamong yang diduga tercemar limbah perusahaan. Peristiwa ribuan ekor ikan mati di muara Kali Lamong ini terjadi kesekian kalinya, dalam setahun ini.

Nelayan berharap pemerintah lebih serius mengusut perusahaan yang diduga membuang limbah di Kali Lamong, yang mengakibatkan ribuan ekor ikan mati.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 December 2019, 12:00 WIB

Video Terkait

Spotlights