Sukses

Bubur Rumo, Kuliner Khas Gresik yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai macam kekayaan yang ada di Indonesia tersebar ke seluruh penjuru daerahnya, seperti di kota-kota besar seperti wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) yang menjadi pusat hiruk pikuk dan industri di Tanah Air.

Kini pemerintah pusat dan provinsi mengembangkan gerbang kertasusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan).

Gerbangkertosusila adalah gabungan wilayah yang menjadi tumpuan perekonomian dan perkembangan bagi Jawa Timur. masing-masing wilayahnya memiliki kekayaan masing-masing terutama dalam sektor pariwisata dan kuliner.

Beragamnya rempah-rempah yang ada dengan wilayah yang mempunyai budaya berbeda, menjadikan tiap daerah Gerbangkertosusila memiliki kuliner khas masing-masing, salah satu contohnya adalah Bubur Roomo/Bubur Rumo yang berasal dari Gresik.

Bagi pecinta kuliner, sudahkah Anda mencoba Bubur Roomo/Bubur Rumo? Jika belum, Anda harus mencoba salah satu kuliner khas dari Gresik ini.

Mengutip dari laman web gresikkab.go.id, Bubur Rumo ini berisi nasi atau lontong yang ditaruh di pincuk (tempat makan dari daun pisang), kemudian di atasnya diberi sayuran, ayam rebus, dan kerupuk yang sudah diremas. Kemudian, di atasnya dilapisi oleh bubur berwarna kuning atau yang disebut juga sebagai Bubur Rumo.

Bubur Rumo ini adalah bubur yang mempunyai tekstur lebih halus dari bubur nasi biasanya. Bubur Rumo diberi rempah bumbu berupa bawang putih, cabai besar, lengkuas, dan untuk memberikan warna kuningnya diberikan kunyit.

Setelah itu, nasi atau lontong yang sudah dilapisi dengan Bubur Rumo tersebut diberi sambal dan taburan koya dan kukusan dedaunan. Kuliner ini dapat dijumpai di Gresik dan banyak orang tidak mengetahui Bubur Rumo ini berasal dari Gresik.

Jika sedang berada di Gresik, mengutip instagram @kulinergresik, Anda bisa menemukan Bubur Rumo ini di emperan Jalan K.H. Hasyim Asy’ari Kalitutup, Gresik, tepatnya di seberang Toko Ladju II. Bubur Rumo dijual pada pukul 06.00 – 11.00 WIB. Bubur Rumo ini dijual dengan harga Rp 7.500. Bagi pencinta kuliner, tidak ada salahnya Anda mencoba Bubur Rumo ini.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS