Sukses

Petrokimia Gresik Bangun Dermaga Baru dengan Kapasitas 1,5 Juta Ton

Pembangunan dermaga baru ini bertujuan meningkatkan agroindustri dan Program Pertahanan Pangan Nasional.

Liputan6.com, Jakarta - PT Petrokimia Gresik meresmikan Dermaga C dengan nilai investasi sekitar Rp 300 miliar untuk mengurai kepadatan bongkar muat, sekaligus mengurangi waktu tunggu sandar kapal (dwelling time) di pelabuhan utama Petrokimia Gresik, Jawa Timur.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi di Gresik, Jumat (27/12), mengatakan bahwa dermaga dengan kapasitas bongkar-muat 1,5 juta ton per tahun itu juga dibangun untuk mendukung aktivitas bongkar-muat produk gypsum dari PT Petro Jordan Abadi (PJA) dan Pabrik Asam Fosfat II Petrokimia Gresik yang telah berproduksi pada kapasitas maksimal.

Keberadaan dermaga baru, kata dia, merupakan proyek pengembangan yang telah ditetapkan dalam Rencana Jangka Panjang (RJP) perusahaan, sebagai salah satu jawaban Petrokimia atas tantangan masa mendatang, dilansir dari Antara.

"Keberadaan dermaga ini merupakan langkah strategis keberlangsungan bisnis Petrokimia dalam menyediakan dan mendistribusikan produk, baik pupuk maupun non-pupuk, untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional, dan sebagai penyedia solusi bagi sektor agroindustri," kata Rahmad, dalam keterangan persnya.

Peran Dermaga C, kata dia, menjadi semakin vital lantaran dalam program transformasi bisnis, penjualan ekspor menjadi salah satu prioritas kinerja perusahaan, sehingga Dermaga C adalah wujud komitmen perusahaan menyongsong target s dan dominant player untuk mendukung sektor agroindustri.

"Dengan beroperasinya dermaga ini, Petrokimia total memiliki empat dermaga yang seluruhnya berada di Gresik, yaitu pelabuhan utama atau Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), dermaga batu bara, construction jetty, dan Dermaga C, dengan total kapasitas bongkar-muat mencapai 9 juta ton per tahun," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Mengapa Bangun Dermaga Baru

Sebelumnya dalam proses pembangunan dermaga, Petrokimia menggandeng PT Adhi Karya selaku kontraktor, dan mulai dikerjakan pada 16 Desember 2017 hingga 9 Desember 2019 atau 720 hari kalender.

Dermaga baru yang dibangun dengan dimensi 432 meter x 27 meter itu selama pengerjaan proyek berjalan dengan baik dan mengedepankan faktor biaya, kualitas, hingga waktu.

Rahmad menjelaskan, pengembangan pelabuhan sangat penting, mengingat kapasitas produksi Petrokimia Gresik terus meningkat, dan saat ini telah mencapai 8,9 juta ton per tahun, dan masih akan terus bertambah pada tahun mendatang.

"Dan alhamdulillah, proyek bisa selesai atau 34 hari lebih cepat dari rencana awal," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.