Sukses

Mengenal Sekolah Partai Pertama Milik PDI Perjuangan di Jawa Timur

PDI Perjuangan Jawa Timur menjadi DPD pertama yang memiliki sekolah partai.

Liputan6.com, Surabaya Wisma Perjuangan yang berada di lereng gunung Panderman Batu disiapkan menjadi tempat lahirnya mimpi-mimpi PDI Perjuangan Jawa Timur (PDIP Jatim). PDIP Jatim menjadi DPD pertama yang memiliki sekolah partai.

Sekolah partai yang diresmikan pada Kamis, 26 Desember 2019 ini menjadi lokasi pelatihan pemenangan pilkada serentak yang digelar dari Jumat sampai Senin (27-30/12/2019).

Pelatihan ini diikuti peserta dari 19 kabupaten dan kota yang mengadakan pilkada 2020. Peserta pelatihan diberi materi pemetaan, survei, dan penggalangan. Mereka disiapkan untuk menjadi pelatih Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) dan diharapkan segera melakukan rekruitmen dan pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini.

“Tujuan pelatihan ini untuk mewujudkan PDIP Perjuangan sebagai partai pelopor seperti amanat Kongres Bali 2019,” ujar Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dalam pembukaan Pelatihan Pelatih (Training of Trainer/TOT) Guraklih di Wisma Perjuangan Batu, Sabtu (28/12/2019).

Ia menyebutkan ada lima syarat bagi sebuah partai untuk menjadi partai pelopor, yakni, disiplin ideologi, disiplin organisasi, disiplin teori, disiplin program, dan disiplin tindakan. Kusnadi juga menegaskan setelah pembukaan, tidak boleh ada peserta yang baru masuk dan ikut pelatihan apapun alasannya.

“Nanti DPD akan menyurati DPC mengapa peserta yang dikirimkan bisa terlambat. Ini bagaimana kita akan menjadi pelopor, kalau kita tidak berdisiplin dalam organisasi," ucapnya.

Kusnadi juga mengucapkan selamat datang kepada peserta di rumah sendiri, Wisma Perjuangan. Ia berpendapat keberadaan tempat ini tidak hanya untuk mendidik kader-kader PDIP Jatim, melainkan bisa bermanfaat bagi warga sekitar, terutama masyarakat Kota Batu.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno, menuturkan melalui wisma Perjuangan yang terletak di Kota Batu, partai siap melakukan pendidikan politik kepada kader partai maupun masyarakat umum. Sebab, sesuai UU, salah satu tugas partai politik adalah melakukan pendidikan politik kepada seluruh anggotanya ataupun kepada masyarakat.

“Sekolah partai ini dibangun dengan dana gotong royong para anggota DPRD Provinsi Jatim, DPR RI dapil Jatim, serta para kepala daerah dari PDI Perjuangan,” ujar Untari.

Ia mengungkapkan, sebagai partai pelopor, partai pemenang pemilu, PDI Perjuangan, termasuk PDIP Jatim, ingin menjadi pelopor partai politik yang menyediakan tempat khusus untuk melatih kader partai maupun masyarakat dalam pendidikan politik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.