Sukses

4 Wisata Hutan di Surabaya Saat Libur Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur meski terkenal sebagai kota metropolitan tetapi menyimpan berbagai tempat wisata. Beragam tempat wisata tersedia di Surabaya, mulai dari wisata alam hingga wisata buatannya.

Wisata alam yang dijumpai di Kota Pahlawan salah satunya adalah wisata hutan. Wisata hutan di Surabaya menyimpan banyak keindahan  yang tak biasa dijumpai di bising kota.

Wisata hutan ini bisa jadi pilihan saat menghabiskan liburan akhir tahun. Apalagi kalau waktu Anda terbatas menghabiskan liburan akhir tahun. Nah, jalan-jalan di hutan tengah kota ini bisa jadi pilihan.

Berikut adalah beberapa tempat wisata hutan yang ada di Surabaya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019):

1.Hutan Raya Balas Klumprik

Yang pertama adalah Taman Hutan Raya Balas Klumprik. Taman wisata hutan ini terletak di Jalan Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung, Surabaya.

Taman Hutan Raya Balas Klumprik ini menyajikan panorama yang indah. Mengutip dari instagram @surabayasparkling, taman hutan ini mempunyai luas 4,3 hektare yang biasa digunakan sebagai tempat perkemahan.

Selain itu, di Taman Hutan Raya Balas Klumprik ini juga terdapat fasilitas sentra kuliner, tempat bermain untuk anak-anak, dan boezem maupun pergola.

Taman Hutan Raya Balas Klumprik Surabaya buka setiap hari pada pukul 07.30 – 04.00 WIB. Jika Anda bosan berwisata ke mall dan pusat kota, Anda bisa mencoba wisata taman hutan ini.

2 dari 5 halaman

Hutan Mangrove Wonorejo

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Tempat wisata hutan selanjutnya adalah Hutan Mangrove Wonorejo. Hutan mangrove ini salah satu tempat wisata yang terkenal di Surabaya.

Hutan wisata Mangrove Wonorejo mempunyai banyak spot foto menarik yang sangat instagramable, salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah jembatan kayu yang dikelilingi oleh daun-daun mangrove.

Melansir dari instagram @dkppsurabaya, luas hutan Mangrove ini sekitar 5,085 hektare. Dengan luas tersebut, Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati panorama mangrove yang tersaji. Hutan Mangrove Wonorejo ini buka setiap hari pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.

3 dari 5 halaman

Hutan Pakal

3.Hutan Pakal Surabaya

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Surabaya dan mencari hawa sejuk untuk melepas lelah, Anda bisa mampir ke tempat wisata Hutan Pakal Surabaya.

Hutan Pakal Surabaya memiliki berbagai macam tumbuhan dan pepohonan antara lain pohon cemara udang, ketepeng, sawo kecik, trembesi, mahoni, akasia, bakau, dan waru laut. Tak hanya itu, di tempat Wisata Pakal Surabaya ini juga terdapat tambak-tambak dan bibit ikan seperti bandeng, udang, dan ikan mas.

Ada juga ternak warga dan kebun farming serta danau berbentuk kupu-kupu yang indah. Tak ada salahnya Anda mengunjungi tempat wisata Hutan Pakal Surabaya ini.

4 dari 5 halaman

Hutan Bambu Keputih

4. Hutan Bambu Keputih

Jika biasanya hutan bambu mempunyai nuansa seram, maka di Surabaya terdapat tempat wisata hutan bamboo yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Hutan Bambu Keputih adalah hutan bambu yang mirip seperti di Jepang. Hutan bambu ini dulunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, hutan ini kemudian dijadikan tempat wisata.

Selain hutan bambu, di sini terdapat Taman Harmoni Surabaya yang punya beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak. Untuk mengunjungi hutan ini, Anda bisa berangkat dari kampus ITS yang hanya berjarak sekitar 5 menit dari Hutan Bambu Keputih.

 

(Safa Tasha Fadila-Mahasiswa PNJ)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini