VIDEO: TNI AL dan Ditpolair Polda Jatim Tingkatkan Patroli di Perairan Jawa Timur

VIDEO: TNI AL dan Ditpolair Polda Jatim Tingkatkan Patroli di Perairan Jawa Timur

Untuk mengantisipasi aksi kejahatan di perairan Selat Bali selama libur Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan TNI, Polri mengintesifkan pengamanan di lintas pelayaran Jawa-Bali, dengan mengerahkan Kapal Republik Indonesia (KRI) dari Koarmada II Surabaya, dan kapal-kapal polisi dari Mabes Polri.

Sementara itu, Direktorat Kepolisian Air dan Udara, atau Ditpolairud Polda Jatim juga meningkatkan patroli laut di sekitar wisata Gunung Pasir Putih dan Pantai Ria Kenjeran Surabaya.

Pada liburan Natal dan Tahun Baru ini, petugas gabungan dari TNI Angkatan Laut, Kepolisian dan Badan SAR Nasional mengintesifkan pengamanan di perairan Selat Bali, Kamis siang.

Kapal Republik Indonesia (KRI) Tombak, dan Kapal Polisi Kutilang dari Mabes Polri dioperasikan untuk berpatroli secara estafet di Selat Bali. Hal ini untuk mengantisipasi tindak kejahatan di wilayah perairan laut.

Seluruh kapal penumpang dari pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi menuju pelabuhan Gilimanuk, Bali, maupun arah sebaliknya, dikawal petugas. Petugas gabungan ini juga melakukan simulasi kecelakaan laut, untuk mengantisipasi terjadinya gelombang besar atau cuaca buruk.

Sementara itu di Surabaya, petugas Ditpolair Polda Jatim, dengan menggunakan 9 kapal patroli dan 2 perahu karet, Kamis pagi, juga patroli di sekitar wisata Gunung Pasir Putih dan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berlibur di wisata pantai pesisir.

Sedikitnya ada 16 kapal Ditpolair yang sudah disiagakan di beberapa titik sepanjang wilayah perairan Jawa Timur yang akan bekerja sama dengan Polres setempat, Basarnas, dan instansi terkait. Berikut video liputannya pada Fokus, 27 Desember 2019.

Petugas gabungan akan disiagakan selama Operasi Lilin Semeru 2019 di Selat Bali selama libur Natal dan Tahun Baru 2020, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang kapal yang berlayar.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 December 2019, 18:58 WIB

Video Terkait

Spotlights