Sukses

5 Potret Tempat Kerja Teller Bank ala Hindia Belanda di Museum De Javasche Bank

Begini suasana tempat kerja teller bank pada masa kolonial.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kota pahlawan, Surabaya juga dikenal sebagai kota yang penuh akan wisata sejarah. Setiap sudut Surabaya bisa dikatakan menyimpan banyak cerita sejarah. Apalagi pada bangunan-bangunan bersejarah yang sampai saat ini masih dijaga keberadaannya.

Banyak bangunan peninggalan masa lalu yang masih dijaga, seperti masa kolonial Hindia-Belanda. Dalam masa ini terdapat sebuah bank yang kini menjadi sebuah museum yang dikenal dengan nama Museum De Javasche Bank atau museum Bank Indonesia.

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Garuda No. 1, Surabaya. Merupakan sebuah museum yang diresmikan oleh Bank Indonesia sejak 27 Januari 2012. Sebagai wisata sejarah, Museum De Javasche Bank tidak memungut biaya masuk. Selain itu museum ini ditutup pada hari Senin dan hari libur.

Meski sekarang dijadikan museum, dahulunya Museum De Javasche Bank digunakan sebagai bank oleh pemerintah kolonial. Saat masuk ke dalam kamu akan merasakan suasana tempat kerja di bank ala tempo dulu. Melalui akun media sosial Instagram @surabayasparkling, ia membagikan potret tempat kerja teller bank di museum ini yang masih jadul.

Berikut 5 potret tempat kerja teller bank ala Hindia Belanda di Museum De Javasche Bank yang Liputan6.com kutip dari @surabayasparkling, Rabu (1/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ini dia penampakan tempat kerja teller bank pada masa Hindia Belanda

3 dari 6 halaman

2. Tempat kerja teller bank pada masa itu tempat kerjanya dilindungi oleh bilik dan jaring-jaring besi.

4 dari 6 halaman

3. Dengan adanya bilik-bilik tersebut, privasi nasabah terjaga dan terlindung dari tindakan kriminal yang mungkin terjadi.

5 dari 6 halaman

4. Bilik ini adalah salah satu spot terbaik untuk swafoto maupun foto prewedding.

6 dari 6 halaman

5. Selain menyimpan cerita sejarah, museum ini juga masih menyimpan barang-barang antik peninggalan masa Hindia Belanda lho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini