Sukses

Strategi Marinir Surabaya Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Untuk mendukung tugas pasukan marinir Surabaya, sejumlah peralatan pendukung tanggap darurat disiapkan

Liputan6.com, Surabaya Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya (Yonmarhanlan V) telah menyiapkan pasukan siaga bencana alam untuk mengantisipasi intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah Jawa Timur, terutama di wilayah kerja Lantamal V. Dalam apel gelar pasukan, Yonmarhanlan V menyiapkan pasukan siaga bencana yang terdiri dari satu peleton Pasukan Yonmarhanlan V yang dipimpin Letda Mar Ahmad Yafieq di Lapangan apel PMK Lantamal V, Kamis (2/1/2019).

Menurut Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, pembentukan satuan tugas siaga bencana alam ini merupakan wujud  kepedulian Yonmarhanlan V dalam membantu tugas dan fungsi Lantamal V. Terutama dalam misi kemanusian serta realiasi dari tugas TNI melalui bentuk operasi militer selain perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.

Untuk mendukung tugas pasukan marinir Surabaya, sejumlah peralatan pendukung tanggap darurat disiapkan, antara lain, dua buah perahu karet, dua buah tangki BBM, 20 buah Dayung, 20 buah Rompi Pelampung, dua buah tenda serba guna, dan 2 unit truk untuk evakuasi.

"Melalui apel siaga bencana alam ini, dapat diketahui sejauh mana kesiapan Lantamal V khususnya Yonmarhanlan V dalam membantu penanganan bencana alam di wilayah kerja Lantamal V," tuturnya. 

Apel siaga ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kekuatan personel marinir serta sarana dan prasarana yang siap dikerahkan apabila dibutuhkan dalam tahap tanggap darurat dan evakuasi di wilayah yang terkena dampak bencana alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.