Sukses

Lantai SD di Sidoarjo Keluarkan Panas, Ada Apa?

Suhu panas yang keluar dari balik lantai tersebut mampu membuat telur yang diletakan di atasnya terlihat seperti didadar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian lantai keramik SD Negeri Tropodo Kecamatan Krian Sidoarjo, Jawa Timur, tepatnya di ruangan UKS terpaksa dibongkar untuk mengetahui keluarnya suhu panas yang dirasakan dari lantai tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Nur Achmad Saifuddin mengatakan, pembongkaran lantai sekolah karena keluar suhu panas itu dilakukan supaya tidak terjadi polemik yang berkepanjangan dan sempat menghebohkan masyarakat setempat.

"Panasnya cukup lumayan, supaya tidak menjadi polemik berkepanjangan lebih baik dibongkar," katanya di sela melakukan peninjauan di lokasi SD Negeri Tropodo Krian Sidoarjo, Jumat, 3 Januari 2020 dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, selain untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab panasnya lantai ruang UKS, di lokasi itu juga ada kegiatan belajar mengajar siswa.

"Saat dilakukan pembongkaran lantai yang panas, keluar asapnya. Dari pihak DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) melakukan pengukuran suhu, terpantau suhunya naik terus mencapai 44 derajat Celsius," katanya di Sidoarjo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan Kabel Beraliran Listrik

Pada kesempatan yang sama, Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, setelah lokasi tersebut dibongkar hingga mencapai kedalaman 40 centimeter, terlihat kabel yang beraliran listrik.

"Kabel tersebut, saat tersentuh linggis mengeluarkan percikan, seperti konsleting listrik. Seharusnya kabel itu tidak ada aliran listrik," katanya.

Ia berharap, sumber panas itu berasal dari kabel yang ada aliran listriknya dan sementara ini aliran listriknya diputus terlebih dahulu.

"Semoga penyebab lantai panas di ruang UKS hanya dari aliran listrik yang salah. Untuk sementara kabel tersebut diputus," katanya.

Sebelumnya, pihak sekolah dan masyarakat dikejutkan dengan lantai ruangan UKS yang terasa panas, jika diinjak.

Bahkan, untuk membuktikan panas dari lantai keramik itu dilakukan uji coba dengan memecahkan telur di atas lantai. Hasilnya, telur terlihat matang seperti digoreng meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.