Sukses

Jatim Park Bangun Tempat Wisata Baru di Banyuwangi, Yuk Intip Isinya

Sejumlah wahana baru akan dibangun di Them Park Banyuwangi untuk menambah pilihan destinasi wisata setempat yang makin maju.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok usaha pengelola jaringan taman hiburan nasional (Jatimpark Group) membangun wahana taman wisata dan edutainment alias theme-park di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan nilai investasi Rp 150 miliar.

"Selamat, Banyuwangi yang selalu bergeliat, selalu berinovasi. Investasi theme park Rp 150 miliar merupakan kabar gembira di tengah tantangan perlambatan ekonomi global, angin segar di tengah tantangan penurunan nilai ekspor," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat peletakan batu pertama Banyuwangi Theme-park milik Jatimpark Group di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, 3 Januari 2020.

Pembangunan taman hiburan ini, kata Bahlil, merupakan langkah tepat menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata yang lengkap, dilansir dari Antara.

"Banyuwangi sudah terkenal dengan wisata alam dan seni budayanya. Juga event-event wisata internasional lewat Banyuwangi Festival. Kini punya theme park keren. Saya yakin ini akan membuat Banyuwangi makin menarik bagi wisatawan," tuturnya.

Direktur PT Duta Insani Bangun Persada Engartiasto Lukito sebagai pelaksana pembangunan taman hiburan ini mengatakan, theme park menjadi bagian dari jaringan wisata Jatimpark yang memiliki beragam wahana wisata bertaraf internasional, dan them-park di Banyuwangi dibangun di lahan hampir 9 hektare di Kecamatan Kabat.

"Jatimpark Group melihat peluang yang bagus dan komitmen kuat dari Bupati Anas. Kami mendukung ekonomi Banyuwangi agar terus berkembang maju," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wahana yang Akan Dibangun

Beragam wahana akan dibangun, mulai science centre, education corner, edukasi pelestarian penyu, wahana Kawah Ijen lengkap dengan panorama api biru, wahana Sukamade, hingga water park bergelombang terbesar di Indonesia.

Selain itu, juga terdapat mini farm, petting zoo, kids playground, cafe instagramable, indoor theater, dan wahana misteri haunted house. Serta ada beragam permainan bertaraf internasional.

Sedangkan pembangunan taman hiburan ini ditargetkan rampung dan bisa dibuka pada libur Lebaran atau pekan ketiga Mei 2020.

"Sebagaimana permintaan Bupati Anas, khusus di Banyuwangi, kami membangun theme park dengan memuat kekhasan lokal. Seperti adanya Wahana Ijen dan Sukamade," kata Enggartiasto.

Kawah Ijen dan Pantai Sukamade, merupakan dua destinasi alam favorit di Banyuwangi. Kawah Ijen menawarkan fenomena api biru yang mendunia, dan Pantai Sukamade sangat indah dan menjadi tempat penyu bertelur.

 

3 dari 3 halaman

Ciptakan Pergerakan Ekonomi

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa theme park akan melengkapi pilihan destinasi di daerah ujung timur Pulau Jawa itu.

"Kami menyadari pariwisata bergerak dinamis. Setelah 9 tahun fokus pada pariwisata alam dan seni-budaya, kini hadir theme park untuk memberi pengalaman baru sekaligus memperluas jangkauan wisatawan keluarga. Jadi Banyuwangi akan semakin friendly untuk wisata keluarga," kata Anas.

Kehadiran theme park, menurut ia, juga menciptakan pergerakan ekonomi baru di wilayah pinggiran pusat kota Banyuwangi.

"Pasti theme park ini akan diikuti industri sampingannya, mulai souvenir, oleh-oleh, warung-warung, jasa transportasi, jasa akomodasi, dan sebagainya," paparnya.

Peletakan batu pertama jaringan taman hiburan nasioal milik Jatimpark Group ini dilakukan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kepala Dinas Penanaman Modal Provinsi Jatim, Aris Mukiyono, Direktur PT Duta Insani Bangun Persada, Enggartiasto Lukito dan Direktur Jatimpark Rio Imam Sendjojo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.