Sukses

Fakta Mengejutkan XL Axiata Jawa Timur pada Libur Akhir Tahun

Liputan6.com, Surabaya Trafik data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di wilayah Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan 28 persen selama libur akhir tahun jika dibandingkan dengan hari biasa. Sepanjang 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020, kenaikan trafik didominasi data game online, web browsing, dan instant messaging.

Sejumlah tujuan favorit wisata juga mengalami kenaikan trafik data. Jatim Park 2, misalnya, meningkat 115 persen, Malang dan Batu naik 26 persen, Banyuwangi meningkat 24 persen, Madura naik lima persen, dan Surabaya naik dua persen.

“Area Jawa Timur semakin mudah dijangkau dari mana pun berkat adanya jalan tol Trans Jawa, jadi banyak orang masuk ke Jawa Timur untuk berlibur atau pulang kampung,” ujar Bambang Parikesit, Group Head XL Axiata East Region, dalam keterangan persnya di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (4/1/2020).

Ia juga secara khusus menyiapkan jaringan yang memadai untuk area yang menjadi lokasi keramaian, seperti di tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal bus, bandara serta stasiun KA, dan sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

Kenaikan trafik juga terjadi di wilayah Bali sebesar 20 persen, NTB naik 18 persen, dan NTT meningkat 26 persen.

Secara nasional, XL Axiata mengalami lonjakan kenaikan trafik data sebesar 14 persen ketimbang hari biasa. Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi secara nasional, meliputi, Malang sebesar 26 persen, Cianjur naik 26 persen, dan Banyuwangi sebesar 25 persen.

Saat ini, XL Axiata memiliki 55,5 juta pelanggan yang diperkuat dengan lebih dari 129.000 BTS, termasyk BTS 3G dan 4G.