Sukses

Menikmati Kuliner Pedas Saat Musim Hujan di Surabaya dan Sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memasuki musim hujan, makanan yang dicari adalah makanan yang hangat dan pedas. Membicarakan makanan yang pedas, Surabaya, Jawa Timur banyak menjajakan makanan tersebut.

Mulai dari bakso hingga nasi goreng, tersedia di Surabaya dengan rasa pedas tentunya. Ketika Anda sedang berada di Surabaya dan sedang musim hujan, Anda dapat mencoba kuliner pedas yang Liputan6.com rangkum.

Ingin tahu ada makanan pedas apa saja yang cocok menemani musim hujan? Simak rangkumannya mengutip dari akun instagram surabaya_foodies dan berbagai sumber, Senin (6/1/2020):

1.Nasi Goreng Jancuk

Jancuk adalah kata-kata yang terkenal khas dari Surabaya. Dilihat dari namanya, nasi goreng ini tentu akan memanjakan lidah Anda, terutama jika Anda penikmat makanan pedas.

Ketika hujan, nasi goreng jancuk ini cocok dinikmati pada siang dan sore hari. Anda akan merasakan sensasi pedas ‘Jancuk’ dari Nasi Goreng Jancuk ini. Nasi Goreng Jancuk ini dapat Anda temukan di tiga tempat yakni Foodcourt Tunjungan Plaza 1 lt.5, Foodcourt Royal Plaza lt.3, dan Foodcourt Surabaya Plaza lt.4.

Terdapat beberapa varian dari nasi goreng ini antara lain Nasgorita, Mbulet Cuk, dan Ndang Cuk. Di dalam Nasgorita terdapat campuran teri taoge dengan rasa pedas gurih. Kemudian untuk menu Mbulet Cuk, terdapat campuran mie dan sayur di dalamnya. Sementara Ndang Cuk adalah nasi goreng yang mempunyai rasa rending.

Gerai nasi goreng ini buka setiap hari sesuai dengan jam operasional mall. Untuk seporsi Nasi Goreng Jancuk, Anda cukup merogoh kocek Rp 25.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Bakso Mercon

2. Bakso Mercon

Bakso adalah makanan yang selalu dicari ketika musim hujan. Di Surabaya terdapat salah satu olahan bakso yang unik, yaitu bakso mercon.

Bakso mercon adalah olahan bakso yang di dalamnya dipenuhi oleh sambal cabai rawit. Anda bisa menemukan bakso mercon ini di  Jalan Raya Manyar No. 60, Menur Pumpungan, Sukolilo, Surabaya Timur, dan di gerai bakso mercon di Jalan Demak Timur No. 36 Surabaya. Ketika musim hujan, Bakso Mercon dapat menjadi alternatif untuk Anda nikmati.

3. Lontong Kikil

Jika biasanya Anda menyantap lontong dengan sayur berwarna kuning, di Surabaya terdapay olahan lontong yang disajikan dengan kikil lengkap dengan kuah merah yang pedas.

Lontong Kikil ini di dalamnya terdapat potongan lontong, kikil, kuah merah yang pedas dan dilengkapi dengan perasan dari jeruk nipis. Satu porsi lontong kikil ini dijual dengan harga Rp 15.000.

Anda bisa menemukan Lontong Kikil ini di gerai Lontong Kikil Asli yang terletak di Jalan Margorejo (samping Plasa Marina), Surabaya. Gerai tersbeut buka setiap hari mulai pukul 16.30 – 22.00 WIB.

Ketika Anda sedang berada di Surabaya pada saat musim hujan, maka sangat cocok untuk mencoba beberapa makanan pedas di atas.

3 dari 3 halaman

Pentol Pedas

4. Pentol Pedas

Bagi Anda, makanan satu ini sudah tidak asing lagi, yaitu pentol. Bakso yang memiliki ukuran kecil ini banyak ditemukan di jalanan Sidoarjo.

Jajanan ini menjadi favorit masyarakat karena harganya yang murah dan rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Di Sidoarjo, terdapat pentol yang berbeda dari pentol-pentol yang lain, yaitu pentol pedas. Pentol pedas adalah bakso pentol yang dilumuri dengan bumbu pedas berwarna merah sehingga terbayang bagaimana rasa pedasnya.

Pentol pedas ini dapat Anda temukan di Pentol Pedes Sidoarjo yang terletak di Area Taman Pinang (Perumahan sebelah Rumah Sakit Delta Surya), Sidoarjo. Untuk satu bijinya pentol pedas ini dijual dengan harga Rp 500.

Gerai Pentol Pedes Sidoarjo ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 – 21.00 WIB. 

 

(Shafa Tasha Fadilla-Mahasiswa PNJ)