Sukses

8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Surabaya Diguyur Hujan

Surabaya diguyur hujan, berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi musim hujan terutama ketika berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba, hampir seluruh bagian wilayah di Indonesia sudah terkena air hujan. Bahkan, tingginya curah hujan saat ini mengakibatkan banjir di beberapa wilayah.

Banjir menjadi salah satu ancaman bagi daerah yang mempunyai masalah dengan sampah, saluran, dan tingginya curah air hujan. Jika tidak diperhatikan sejak dini, masalah tersebut akan berdampak buruk dikemudian hari.

Liputan6.com kali ini merangkum hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan ketika musim hujan tiba untuk mencegah bencana banjir dan longsor mengutip dari instagram @sapawargasby.

1. Jaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Menjaga kebersihan lingkungan rumah adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan sebagai langkah awal untuk mengantisipasi bencana yang terjadi ketika musim hujan tiba.

Menjaga kebersihan lingkungan rumah bisa dimulai dari membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya termasuk hal yang mudah dan perlu dilakukan, dengan membuang sampah pada tempatnya maka lingkungan akan bersih dan badan pun sehat.

2. Siapkan Payung atau Jas Hujan

Ketika musim hujan tiba, aktivitas pun banyak yang terhambat. Untuk itu, maka dperlu dilakukan antisipasi dengan cara menyiapkan payung dan jas hujan. Payung dan jas hujan berfungsi melindungi Anda dari basah air hujan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.

3. Perhatikan Dalam Berkendara

Bagi Anda yang gemar berkendara atau yang mengharuskan berkendara ketika hendak bekerja atau beraktivitas di musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah mengurangi kecepatan laju kendaraan. Hal ini dikarenakan ketika hujan, jalanan pun menjadi licin. Kemudian, hindari jalan berlubang karena jalan berlubang bisa membuat kecelakaan terjadi.

4. Hindari Berteduh di Bawah Pohon

Ketika Anda sedang di luar dan turun hujan, carilah tempat berteduh yang aman. Hindari berteduh di bawah pohon karena petir bisa menyambar pohon.

5. Mandi dengan Air Hangat

Ketika terkena hujan, segeralah memberishkan diri dan membilas dengan air hangat. Hal ini perlu dilakukan karena hujan yang turun disertai dengan angin yang membuat tubuh kedinginan. Maka, bilaslah dengan air hangat.

6. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Dinginnya hujan dapat membuat Anda lapar lebih cepat. Ketika musim hujan tiba, hendaknya Anda mengonsumsi makanan dan minuman hangat agar badan tidak kedinginan.

7. Hindari Bermain Hujan

Hindari bermain hujan bila tidak terlalu diperlukan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi agar badan Anda tetap sehat dan bugar.

8. Waspada Penyakit Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, penyakit lebih banyak dan mudah berkembang. Hal ini perlu diperhatikan apalagi jika air hujan menggenang dan menyatu dengan tumpukan sampah. Penyakit akan bersarang dan mudah menular ke badan kita.

Mari jaga kebersihan lingkungan sekitar agar Surabaya aman dan nyaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berkendara Saat Musim Hujan

Tak terkecuali Surabaya, kota ini pun sudah memasuki musim hujan. Salah sau Kota Metropolitan di Indonesia ini masyarakatnya gemar menaiki kendaraan pribadi, khusunya motor.

Ketika naik kendaraan bermotor pada saat musim hujan, banyak hal yang harus diperhatikan. Liputan6.com kali ini merangkum hal-hal apa saja yang perlu disiapkan dan diperhatikan ketika berkendara pada saat musim hujan mengutip dari instagram @sapawargasby.

1.Pastikan semua fungsi kendaraan dalam keadaan baik dan normal

2. Periksa tekanan angin dan aur ban

3. Sedia selalu jas hujan

4. Kurangi kecepatan jika Anda berkendara saat hujan

5. Jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain

6. Jangan memaksa menerobos genangan air

Jangan lupa perhatikan hal di atas agar selamat dalam berkendara saat musim hujan tiba.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.