Sukses

Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Mien Sugandhi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mantan Menteri Urusan Peranan Wanita di era Seoharto, Mien Sugandhi. Ungkapan belasungkawa tersebut disampaikan Khofifah dari Makkah,  di sela-sela pelaksanaan ibadah umrah, Senin (6/1/2020)

"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh masyarakat Jawa Timur, saya menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Ibu Mien Sugandhi," ungkap Khofifah, dikutip dari keterangan tertulis.

Khofifah yang juga Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan tersebut mengungkapkan, Mien adalah sosok panutan dalam memperjuangkan peranan perempuan di berbagai bidang kehidupan bangsa. Mien Sugandhi juga terkenal sebagai politikus perempuan ulung.

"Semoga Allah menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Ibu Mien. Beliau adalah orang yang banyak berjasa bagi bangsa khususnya perempuan  Indonesia," tambah Khofifah.

Seperti diketahui, Mien Sugandhi menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu malam, 5 Januari 2020. Politikus Partai Golkar tersebut wafat di usia 85 tahun.

Mien menjabat sebagai menteri selama lima tahun di Kabinet Pembangunan VI, terhitung sejak 17 Maret 1993 hingga 16 Maret 1998. Mien dimakamkan pada Senin siang, 6 Januari 2020 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

2 dari 3 halaman

Tangis Keluarga Iringi Prosesi Pemakaman Eks Menteri PPA Mien Sugandhi di TMP Kalibata

Sebelumnya, jenazah Menteri Urusan Peranan Wanita era Soeharto, Siti Aminah Sugandhi atau lebih dikenal dengan Mien Sugandhi, Senin  siang 6 Januari 2020 dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Usai disemayamkan di Kantor Kementerian PPPA, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, serta dilakukan upacara pelepasan secara militer, jenazah Mien Sugandhi dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, dan tiba sekitar pukul 11.35 WIB.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati, memimpin prosesi pemakaman. Prosesi pemakaman dihadiri pula oleh politikus Akbar Tandjung.

Dari pantauan Liputan 6.com, isak tangis keluarga pecah saat jenazah Mien Sugandhi dimasukkan ke liang lahat.

Selain keluarga Mien Sugandhi, prosesi penurunan jenazah ke liang lahat dibantu oleh pasukan TNI berseragam lengkap.

Sejumlah pelayat yang hadir didominasi oleh anggota ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) yang kompak mengenakan kemeja batik cokelat.

Prosesi pemakaman ditutup dengan tabur bunga oleh anggota keluarga dan para pelayat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mien Sugandhi meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu, 5 Januari 2020 pada pukul 21.45 WIB karena sakit. Sebelumnya Mien Sugandhi telah dirawat selama satu bulan di RSPAD Gatot Soebroto.

(Winda Nelfira)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini