Sukses

Surabaya Siap Siaga Hadapi Banjir

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menuturkan, wilayah Tanggul Sumber Rejo masih ada masalah banjir sehingga pihaknya mengecek rumah pompa tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma)  mengecek rumah pompa untuk siap siaga mengantisipasi bencana banjir. Pengecekan kali ini dilakukan di rumah pompa Sumber Rejo, yang lokasinya berdekatan dengan Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal Surabaya, Senin (6/1/2020).

Dalam tinjauannya ini, Risma juga didampingi Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho bersama jajarannya dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Risma mengatakan, pihaknya ingin memastikan genset yang berada di rumah pompa Sumber Rejo tersebut, berfungsi dengan baik. Selain itu, ia juga ingin meninjau perkembangan pembangunan tanggul Sumber Rejo itu berjalan lancar dan tidak ada kendala.

"Kenapa wilayahnya di sini (tanggul Sumber Rejo), karena di sinilah selalu yang masih ada masalah (banjir). Jadi kenapa kita ke sini,” kata dia di sela meninjau rumah pompa Sumber Rejo.

Dia menuturkan, pengecekan ini dilakukan seusai pihaknya bersama Kapolrestabes Surabaya teleconference dengan Kabaharkam (Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri, terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di musim penghujan.

"Terus sekalian menunjukkan posko sesuai dengan tadi teleconference dengan Kabaharkam. Untuk persiapan menghadapi bencana,” tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolrestabes: Kesiapan Pemkot Surabaya Luar Biasa

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho menyampaikan, pengecekan ini dilakukan untuk persiapan mengantisipasi bencana banjir. Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi kesiapsiagaan Pemkot Surabaya menghadapi musim hujan.

"Alhamdulillah kesiapannya luar biasa dengan adanya pompa yang sudah siap. Dengan adanya pompa yang sudah siap, benteng (tanggul) yang panjangnya hampir 20 kilometer sudah disiapkan,” kata Sandi.

Oleh karena itu, Sandi optimistis, jika ke depan Surabaya bisa mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, salah satunya yakni banjir. "Insya Allah dengan adanya kondisi-kondisi yang tidak kita inginkan bisa kita antisipasi ke depan,” kata dia.

Seusai mengecek rumah pompa dan perkembangan pengerjaan tanggul Sumber Rejo, Risma bersama Kapolrestabes kemudian meninjau posko kesiapsiagaan bencana yang berada di Kelurahan Sumber Rejo Surabaya.

Di posko tersebut, Risma ingin memastikan kesiapan personel serta berbagai peralatan, seperti perahu karet, pelampung, hingga obat-obatan sudah siap ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.