Sukses

Musim Hujan Tiba, Ini 5 Wedang yang Cocok Dinikmati

Berikut beberapa minuman hangat yang dapat Anda nikmati saat cuaca dingin karena musim hujan tiba, salah satunya wedang.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Tak terkecuali Jawa Timur, khususnya Surabaya pun sudah memasuki musim hujan.

Ketika musim hujan, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat untuk menjaga tubuh agar suhunya tetap stabil dan tetap merasa hangat.

Di Surabaya, Anda dapat menemukan beragam minuman hangat yang pas diminum saat musim hujan seperti sekarang ini. Apa saja minuman hangat yang dapat Anda nikmati di Surabaya? Simak rangkuman berikut, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Wedang Angsle

Jika sedang berada di Surabaya, tak lengkap rasanya jika tak mencoba minuman satu ini, Wedang Angsle. Wedang ini adalah salah satu minuman tradisional yang dapat ditemui di Jawa Timur khususnya di Surabaya.

Wedang Angsle biasanya berisikan roti tawar, ketan hitam kukus, kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Semua bahan tersebut disajikan dalam satu mangkuk yang disiram dengan kuah yang terbuat dari air dicampur rempah seperti jahe, serai, gula jawa, dan santan kelapa. Wedang Angsle cocok dinikmati saat udara dingin musim hujan.

Anda dapat menemukan wedang angsle ini di gerai Ronde dan Angsle Pak Imam yang terletak di Jalan Manyar Kertoarjo V, Surabaya. Gerai ini buka pada pukul 18.30 – 23.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Wedang Ronde

2. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman yang mencampurkan dua budaya, yaitu Tionghoa dan Indonesia. Secara internasional, Wedang Ronde ini dikenal dengan Tang Yuan.

Wedang Ronde berisikan air jahe panas yang dicampur dengan gula kelapa atau aren kemudian disajikan dengan ronde, kacang tanah goreng, potongan roti, dan sebagainya. Ronde sendiri adalah bola-bola yang terbuat dari tepung ketan.

Wedang ronde  cocok untuk diminum saat cuaca dingin musim hujan. Anda dapat menemukan gerai Wedang Rondo di Food Festival Food Court yang terletak di Jalan Kejawan Putih Tambak No. 22, Surabaya. Gerai ini buka pada pukul 17.30 – 22.00 WIB.

3. Wedang Pokak

Wedang Pokak adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Timur, yaitu kota Probolinggo. Wedang Pokak terbuat dari beraneka ragam rempah-rempah, yaitu serai, cengkeh, kayu manis, jeruk purut, jahe, daun pandan yang kemudian diberi sedikit gula.

Minuman ini dapat Anda nikmati saat cuaca sedang dingin karena Surabaya sudah mulai memasuki musim hujan. Wedang Pokak ini selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, juga bisa untuk meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri saat datang bulan, dan mengobati sariawan.

Wedang Pokak juga merupakan minuman yang wajib ada pada saat Lebaran tiba.

3 dari 3 halaman

5.Wedang Jaselang

4. Wedang Jaselang

Selain minuman tradisional di atas, terdapat salah satu wedang yang populer di Malang, yaitu Wedang Jaselang. Wedang Jaselang menggunakan rempah-rempah sebagai bahannya, yaitu jahe, merica, kayu manis, secang, dan kapulaga. Tak hanya itu, terdapat bahan unik yang ada di Wedang Jaselang ini, yaitu alang-alang yang dijadikan bahan utamanya. Wedang Jaselang mempunyai khasiat sebagai obat unuk menjaga stamina dan menghangatkan tubuh.

5. Wedang Cumue

Yang terakhir adalah Wedang Cumue. Wedang Cumue adalah minuman yang mempunyai rasa khas dan berbeda dari wedang yang lain, yaitu rasanya yang gurih. Rasa gurih ini didapat dari perpaduan bahan serta rempah yang digunakan dalam meracik minuman ini.

Wedang Cumue terbuat dari kacang, roti, santan dari gula tebu yang berfungsi sebagai pemanis, serta jahe. Jahe di Wedang Cumue mempunyai fungsi untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dingin musim hujan ini. Yang membuat unik dari Wedang Cumue ini adalah tambahan bawang goreng dan daun pandan yang membuat aromanya harum.

Anda dapat menikmati minuman hangat di atas saat dingin musim hujan mulai terasa.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.