VIDEO: Harga Bonsai Tembus Rp 60 Juta pada Pameran di Gresik

VIDEO: Harga Bonsai Tembus Rp 60 Juta pada Pameran di Gresik

Pameran dan kontes bonsai yang diadakan komunitas pecinta bonsai, di Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur berlangsung meriah dan dipadati para pengunjung.

Kegiatan ini sengaja digelar dengan memanfaatkan momen liburan Natal Tahun Baru ini, agar pengunjung terutama pecinta tanaman bonsai bisa melihat sekaligus berburu tanaman bonsai yang unik.

Menariknya, dari ratusan tanaman bonsai yang dipamerkan, harganya ada yang cukup fantatis mencapai Rp 20-60 juta. Beragam jenis tanaman bonsai yang ikut kontes, seperti jenis beringin, arabika, asam, pilang, rukem, sancang, jeruk, kawis, cemara hingga serut.

Pameran dan kontes bonsai tak hanya diikuti penghobi seni mengkerdilkan pohon dari warga Gresik saja, melainkan datang dari luar kota, seperti Tuban, Lamongan, Mojokerto dan Sidoarjo.

Bentuk dan keunikan ratusan bonsai tidak hanya sedap dipandang, namun, juga dipercaya bisa menghilangkan stress. Berikut diberitakan pada Fokus, 3 Januari 2020.

Selain mengembangkan potensi dan lebih memasyarakatkan budidaya pohon bonsai kepada generasi muda, salah satu tujuan dari pameran dan kontes bonsai adalah menaikkan harga bonsai. Dengan sering menggelar pameran dan kontes. Tanaman bonsai yang menyabet juara, otomatis harganya bisa naik dan semakin mahal.

Kontes dan pameran bonsai unik dan eksotik ini merupakan agenda rutin yang digelar tiap tahun sebagai upaya melestarikan seni pohon kerdil agar tetap eksis dan digemari masyarakat, sekaligus mengangkat perekonomian pembudidaya tanaman bonsai.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 January 2020, 23:30 WIB

Video Terkait

Spotlights