Sukses

Malioboro Jadi Inspirasi Revitalisasi Trotoar Kota Madiun, Ini Buktinya

Revitalisasi trotoar ini sebagai upaya mendukung kegiatan perekonomian dan pariwisata, terutama wisata belanja.

Liputan6.com, Surabaya Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun Jawa Timur sedang merevitalisasi jalur pedestrian atau trotoar yang berada di kawasan Jalan Pahlawan. Revitalisasi trotoar ini sebagai upaya mendukung kegiatan perekonomian dan pariwisata, terutama wisata belanja.

Trotoar di sisi timur Jalan Pahlawan akan direvitalisasi dua arah. Pertama, ke arah selatan sampai titik Perempatan Tugu dan kedua, ke arah utara hingga Stasiun Kereta Api Madiun.

Saat ini, penataan kawasan pedestrian itu baru jadi sebagian, yakni yang berada di depan Bank Mandiri sampai Jalan Perintis Kemerdekaan, depan Balai Kota Madiun. Sedangkan, untuk revitalisasi trotoar menyambung dari Stasiun Madiun hingga Perempatan Tugu dilakukan bertahap, kemungkinan sampai Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2020.

“Konsepnya nanti menyerupai pedestrian di Malioboro Yogyakarta dengan ornamen lampu taman serta bollard, juga akan ada bangku-bangku taman yang dapat digunakan oleh pengunjung,” ujar Maidi, Wali Kota Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (6/1/2020).

Menurut Maidi, pemilihan Jalan Pahlawan karena kawasan itu menjadi destinasi wisatawan yang tertarik dengan wisata belanja. Area itu terdapat pusat perbelanjaan dan hiburan.

Ia berharap revitalisasi trotoar Kota Madiun bisa mendukung atmosfer itu.

“Jadi nanti inginnya wisatawan yang berkunjung ke Kota Madiun dari Stasiun Madiun bisa jalan kaki ke Jalan Pahlawan untuk berwisata belanja, tidak perlu naik angkutan umum,” kata Maidi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.