Sukses

Mencicipi Rawon hingga Nasi Pecel di Sidoarjo

Sidoarjo, Jawa Timur menawarkan sejumlah kuliner, dari rawon hingga rujak.

Liputan6.com, Jakarta - Sidoarjo,  salah satu kota yang berada di Jawa Timur.  Letaknya berbatasan dengan Surabaya, Jawa Timur. Jika mendengar kota ini, mungkin teringat mengenai lumpur lapindo. Meski demikian, masyarakat dan pemerintah daerah setempat menjadikan wilayah lumpur tersebut jadi salah satu tempat wisata.

Tak hanya itu, jika Anda berkunjung ke Sidoarjo, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi beberapa aneka kuliner yang ada di kota ini. Terdapat banyak kuliner yang bisa Anda cicipi di Sidoarjo. Dari mulai rawon hingga rujak, dapat Anda temukan di Sidoarjo.

Kali ini Liputan6.com akan membahas beberapa kuliner yang wajib Anda coba ketika sedang berada di Sidoarjo. Ingin tahu ada apa saja? Simak ulasannya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Rawon Setan 

Di Sidoarjo juga terdapat beberapa warung yang menyediakan rawon. Rawon yang cukup terkenal di Sidoarjo adalah Rawon Setan. Dinamakan Rawon Setan karena rawon ini mempunyai rasa pedas yang khas seperti masakan Jawa Timur. Ada beberapa warung yang menjual rawon setan, di antaranya adalah warung Rawon Gajah Mada.

Rawon Setan disajikan dengan daging yang cukup besar dengan tekstur yang lembut dan ditambahkan kuah hitam khas rawon. Kedua warung tersebut terletak di Jalan Gajah Mada, Sidoarjo. Warung Gajah Mada ini buka pukul 21.30 – 03.00 WIB.

2. Lontong Kupang

Selain rawon, Anda juga bisa mencoba kuliner Sidoarjo lainnya seperti Lontong Kupang. Kupang sendiri merupakan sejenis kerang atau tiram yang hidup di pesisir pantai berlumpur.

Lontong Kupang adalah sajian makanan yang terdiri dari lontong, kupang, kremes, dan kuah yang dicampur dengan petis dan taburan bawang goreng.

Anda dapat mencoba kuliner ini di Sidoarjo tepatnya di warung Lontong Kupang Pak Misari. Warung ini sudah terkenal di Sidoarjo karena kupang yang disajikan mempunyai tekstur kenyal dengan petis dan kuah yang gurih.

Jika Anda sedang berada di Sidoarjo, tak ada salahnya mencicipi kuliner yang menggugah selera ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Nasi Pecel

3. Nasi Pecel

Pecel adalah salah satu kuliner yang banyak dan mudah ditemukan. Ketika sedang berada di Sidoarjo, Anda bisa mencoba kuliner nasi pecel satu ini, yaitu nasi pecel.

Di Sidoarjo terdapat salah satu warung pecel yang terkenal, yaitu warung Nasi Pecel Dalu. Dalu adalah warung yang menyediakan hidangan nasi dengan pecel. Warung ini terletak di Jalan Garuda No. 107, Sidoarjo. Warung Nasi Dalu buka pada pukul 22.00 – 04.00 WIB.

Nasi Pecel Dalu mempunyai keunikan, yaitu dari bumbu kacangnya yang pedas. Di warung ini juga menyediakan banyak lauk seperti empal, paru, dan masih banyak lagi.

Ketika malam hari Anda kelaparan, Nasi Pecel Dalu bisa menjadi solusi perut Anda.

4. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas dari daerah Jawa Timur. Rujak cingur merupakan olahan rujak yang biasanya berisikan lontong, tahu, tempe, sayuran dan cingur (daging dari moncong sapi) dan kemudian dilumuri oleh bumbu kacang.

Di Sidoarjo terdapat salah satu warung rujak cingur yang sudah sangat terkenal, yaitu Rujak Cingur Bu Nur Aini. Warung ini terletak tak jauh dari Bandara Juanda.

Rujak Cingur Bu Nur Aini juga mempunyai keunikan, yaitu penggunaan cobek berukuran besar yang berbeda dengan cobek-cobek lainnya. Kabarnya, Rujak Cingur Bu Nur Aini ini juga menjadi tempat makanan langganan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia pernah mengunggah foto sedang makan di warung Rujak Cingur Bu Nur Aini dan menyebutkan menjadi pelanggan tetap.

Nah, di atas adalah beberapa makanan di Sidoarjo yang dapat Anda coba.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.