Sukses

Nasi Karak hingga Bubur Rumo, Kuliner Andalan Gresik

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah negara yang kaya akan rempah-rempah. Tak heran mengapa para penjajah menjadikan Indonesia sebagai targetnya.

Dengan beragamnya rempah-rempah yang ada menjadikan Indonesia mempunyai banyak kuliner yang tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Berbeda daerah, maka berbeda pula kuliner yang dimilikinya. Salah satu daerah yang memiliki banyak kuliner adalah Provinsi Jawa Timur. Kali ini Liputan6.com akan membicarakan kuliner yang ada di salah satu wilayah Jawa Timur, yaitu Gresik.

Gresik mempunyai kelebihan di bidang industri. Namun, siapa sangka jika Gresik menyimpan kekayaan berupa tempat wisata alam yang masih asri dan kuliner khas. Jika Anda sedang berada di Gresik, tak ada salahnya mencoba beberapa kuliner khas berikut, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan salah satu makanan khas Gresik. Olahan nasi ini banyak digemari oleh masyarakatnya karena rasanya yang lezat.

Nasi Krawu biasanya berisikan nasi hangat yang disajikan dengan semur daging, irisan daging sapi, jeroan sapi, dan sambal terasi. Kemudian, Nasi Krawu dilengkapi dengan serundeng dua warna. Sajian ini menciptakan perpaduan rasa yang kaya akan rempah-rempah.

Nasi Krawu biasanya disajikan di atas daun pisang hijau. Nasi Krawu menjadi kuliner yang wajib dicoba ketika Anda berada di Gresik.

2. Nasi Karak

Olahan nasi khas Gresik selanjutnya adalah Nasi Karak. Nasi karak biasa disebut dengan Sego Karak. Kata Sego dalam bahasa Jawa mempunyai arti Nasi, sedangkan Karak berarti kering.

Mengutip dari instagram @gresiktourism, Nasi Karak berisikan nasi dan ketan yang ditanak hingga matang. Kemudian, nasi dan ketan tadi diberi parutan kelapa dan tempe goreng.

Selain itu, Anda dapat menambahkan cabai unuk memberi rasa pedas pada nasi karak. Nasi Karak biasa disantap saat pagi hari sebagai menu sarapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Bonggolan

3. Bonggolan

Tak hanya olahan nasi, Gresik juga mempunyai kuliner berupa jajanan, Bonggolan. Bonggolan merupakan jajanan yang khas dari Gresik dan bentuknya seperti lontong tapi lebih besar.

Bonggolan memiliki bentuk lonjong. Bonggolan mempunyai bahan dasar daging ikan yang diolah bersama tepung kanji. Kemudian diberikan bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Meskipun hanya terbuat dari bumbu sederhana, tetapi Bonggolan ini kaya akan rasa.

4. Bubur Rumo

Gresik juga mempunyai olahan bubur. Tak seperti bubur biasanya, bubur yang ada di Gresik ini berbeda dengan yang lain karena berwara oranye.

Mengutip dari laman web gresikkab.go.id, Bubur Rumo ini berisi nasi atau lontong yang ditaruh di pincuk (tempat makan dari daun pisang), kemudian di atasnya diberi sayuran, ayam rebus, dan kerupuk yang sudah diremas. Kemudian, di atasnya dilapisi oleh bubur berwarna kuning atau yang disebut juga sebagai Bubur Rumo.

Bubur Rumo terdiri dari lontong yang ditaruh di pincuk (daun pisang yang dijadikan tempat makan), kemudian diberi sayuran di atasnya beserta ayam rebus dan kerupuk yang sudah diremas. Barulah di atasnya diberikan Bubur Rumo.

Bubur Rumo mempunyai tekstur yang lebih halus dari bubur biasanya. Bubur ini juga diberi rempah berupa bawang putih, cabai besar, lengkuas, dan kunyit untuk memberikan warna kuningnya.

Mengutip instagram @kulinergresik, Anda bisa menemukan Bubur Rumo ini di emperan Jalan K.H. Hasyim Asy’ari Kalitutup, Gresik, tepatnya di seberang Toko Ladju II. Bubur Rumo dijual pada pukul 06.00 – 11.00 WIB. Bubur Rumo ini dijual dengan harga Rp 7.500. Bagi pencinta kuliner, tidak ada salahnya Anda mencoba Bubur Rumo ini.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS