Sukses

VIDEO: Banjir Terjang 4 Kecamatan di Pasuruan, BPBD Dirikan Dapur Umum

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras dan meluapnya sejumlah sungai, menyebabkan banjir yang merendam 4 kecamatan di Pasuruan, Jawa Timur. Banjir juga menggenangi sejumlah sekolah, hingga para siswanya diliburkan. Sementara BPBD setempat mendirikan posko serta dapur umum, untuk membantu para korban banjir. 

Empat kecamatan di Pasuruan, Jawa Timur, meliputi, Kecamatan Kraton, Winongan, Rejoso, dan Grati, Rabu pagi masih terendam banjir, setelah hujan deras mengguyur wilayah selatan Pasuruan, sejak Selasa malam, hingga Rabu dini hari.

Ribuan rumah di daerah terdampak, terendam banjir setinggi 50 – 150 cm. Daerah yang paling parah terendam banjir, di antaranya Desa Kedawung, Kecamatan Grati, yang terdiri dari Dusun Joyo Mulyo, Ngebrukan, dan Karangsono.

Menurut warga, banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi, hingga sungai sekitar tak mampu menampung debit air yang berlebihan. Dua SD yang berada di daerah terdampak, tak luput dari terjangan banjir, hingga sekolah terpaksa diliburkan.

Menyusul banjir di 4 kecamatan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD setempat mendirikan posko dan dapur umum, di sejumlah titik pada Rabu siang. Anggota BPBD mulai menyalurkan bantuan berupa makanan yang dimasak di dapur umum darurat, Desa Sedaeng Rejo, Kecamatan Rejoso, Pasuruan.

Sejumlah anggota Kepolisian dan TNI menyalurkan bungkusan makanan kepada warga di daerah terdampak banjir menggunakan perahu karet. Setelah bantuan diterima warga, petugas mengevakuasi sejumlah warga terutama anak-anak, serta para manula menuju Posko.

Berdasarkan data BPBD, ribuan rumah terendam banjir di 17 desa. Sampai Rabu sore, banjir belum juga surut di beberapa tempat. BPBD, relawan, serta anggota Polri dan TNI masih bersiaga di beberapa titik untuk memantau dan menyiapkan evakuasi jika terjadi banjir susulan.

Berikut kita simak videonya pada Fokus, 9 Januari 2020.