VIDEO: Warga Sidoarjo Prihatin Kasus Korupsi yang Menimpa Bupati Saiful

VIDEO: Warga Sidoarjo Prihatin Kasus Korupsi yang Menimpa Bupati Saiful

Bupati Sidoarjo Saiful Illah, dan lima tersangka lainnya, akhirnya ditahan penyidik KPK di rutan berbeda cabang KPK di Jakarta, Kamis dini hari. Enam tersangka tersebut ditahan untuk 20 hari ke depan, terhitung 9-29 Januari 2020.

Setelah menjalani pemeriksaan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, enam tersangka hasil OTT di Sidoarjo, Jawa Timur, akhirnya ditahan penyidik KPK, Kamis dini hari.

Dengan tangan diborgol dan mengenakan rompi oranye khas tahanan KPK, Bupati Sidoarjo, Saiful Illah yang memakai peci hitam ini tetap tak mengaku jika dirinya bersama 3 anak buahnya, menerima suap dari beberapa proyek yang dikelola Pemkab Sidoarjo.

Selain Bupati, KPK menahan lima tersangka lainnya yaitu; Kepala Bina Marga dan Sumber Daya Air, Sunarti Setyaningsih. Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan, Sanadjihitu Sangaji, dan Pejabat Pembuat Komitmen, Judi Tetrahastoto.

Sementara 2 tersangka dari pihak swasta, yang diduga pemberi suap, Ibnu Gopur dan Toto Sumedi, ditahan di Rutan POM Jaya Guntur Jakarta Selatan.

Enam tersangka tersebut ditahan untuk 20 hari ke depan, terhitung 9 - 29 Januari 2020. Sementara itu di Sidoarjo, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa Sidoarjo, menggelar aksi simpati untuk mengapresiasi kinerja KPK, dalam pemberantasan korupsi, di lokasi monumen Jayandaru, Sidoarjo.

Mahasiswa mengaku prihatin kepada Bupati Sidoarjo Saiful Illah, yang telah terjerumus ke dalam dugaan kasus korupsi, meski mereka juga senang dan optimistis kepada KPK yang bekerja dengan baik. Usai berorasi, mahasiswa kemudian melakukan doa bersama, membaca sholawat, dan membubuhkan tanda tangan di atas poster bertuliskan Apresiasi Buat KPK.

Sebelumnya, KPK mengamankan 11 orang dan mengamankan uang Rp 1,8 miliar, dalam OTT di Sidoarjo, Jawa Timur, dalam kasus dugaan suap sejumlah proyek infrastruktur. Setelah dilakukan pemeriksaan dan gelar perkara, KPK menetapkan 6 tersangka termasuk Bupati Sidoarjo Saiful Illah. Demikian diberitakan pada Fokus, 10 Januari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 January 2020, 19:00 WIB

Video Terkait

Spotlights