Sukses

6 Potret Perantingan Pohon di Surabaya, Kegiatan Rutin di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggalakkan perantingan untuk mengantisipasi pohon tumbang saat musim hujan. Perantingan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya.

Perantingan sudah dilakukan sejak Kamis, 9 Januari 2020. Kemudian dilanjutkan pada akhir pekan tepatnya Sabtu dan Minggu, 11-12 Januari 2020. Sedikitnya 192 meter kubik dedaunan berhasil dikumpulkan dari giat perantingan pohon di Jalan A. Yani, Surabaya, Jawa Timur, sepanjang 400 meter sebelum Taman Pelangi, Sabtu pagi (11/1/2020).

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Hendri Setianto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kerawanan pohon tumbang. Perantingan merupakan kegiatan rutin. Hanya saja, di tengah puncak musim hujan saat ini, giat perantingan semakin digencarkan.

Hendri menuturkan, untuk mempercepat proses perantingan, pihaknya menerjunkan 52 pasukan kadaka dan 60 personel kebersihan. Selain itu, lima unit skylift walker, 10 dumptruck dan 2 alat berat. Mereka tersebar dan melakukan perantingan secara bersamaan di Surabaya.

Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Rochim Yuliadi menjelaskan perantingan kali ini akan menggunakan teknis pemangkasan bawah tanah. Artinya, pohon dipangkas hingga gundul dan hanya disisakan cabang-cabang utamanya.

Meskipun gundul, ia memastikan pohon Angsana akan cepat berdaun kembali dan semakin indah. Ia juga berhati-hati dengan kabel-kabel yang melintas di area perantingan dengan menerjunkan skywalker. Berikut potret kecanggihan perantingan ala Kota Surabaya yang rutin dilakukan selama musim hujan, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/1/2020).

2 dari 7 halaman

1. Sebanyak 8 unit Skylift diterjunkan untuk melakukan perantingan pohon tinggi. Mereka tersebar dan melakukan perantingan secara bersamaan.

3 dari 7 halaman

2. Ditambah 2 alat berat yang langsung bekerja mengambil dahan yang sudah terpotong kecil. Dahan kemudian dipindah ke 10 dump truck.

4 dari 7 halaman

3. Hasil perantingan akan diantar menuju PDU terdekat, salah satunya PDU Jambangan. Hasil perantingan akan diubah menjadi kompos siap jadi untuk pupuk di seluruh taman kota.

5 dari 7 halaman

4. Kegiatan perantingan berhasil dilakukan berkat bantuan banyak pihak, termasuk pasukan kuning. Mereka langsung membersihkan sisa daun-daun dan kotoran hasil perantingan.

6 dari 7 halaman

5. Pada Sabtu (11/1/2020), proses perantingan juga dibantu oleh petugas Dinas Perhubungan yang mengatur arus lalu lintas di lokasi. Sehingga saat perantingan selesai, jalan bisa berfungsi secara normal.

7 dari 7 halaman

6. Begitu juga pada Minggu (12/1/2020), ada 30 Linmas dan Satpol PP bersiaga di lokasi CFD untuk menjaga keselamatan warga Surabaya.