Sukses

VIDEO: Tanggul Kali Lamong Bakal Dibangun dari Dana APBN Sebesar Rp 1 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendatangi lokasi banjir dampak luapan Kali Lamong di Cerme Gresik pada Kamis pagi pekan lalu.

Penanganan banjir Kali Lamong menurut Khofifah sudah masuk dalam Perpres No. 80 Tahun 2020. Dan dialokasikan anggaran APBN sebesar Rp. 1,1 triliun, untuk pembuatan tanggul Kali Lamong.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran didampingi Bupati Gresik, Sambari Halim, mendatangi lokasi banjir dampak luapan Kali Lamong di Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme, Gresik.

Kedatangan Khofifah disambut antusias warga sekitar korban banjir. Khofifah langsung menerobos banjir, untuk menemui dan menerima keluhan warga. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyiapkan langkah tepat, untuk penanganan banjir Kali Lamong yang terjadi hampir setiap musim hujan ini.

Gubernur Jatim mengatakan, melalui Perpres. No. 80 Tahun 2020, pembuatan tanggul Kali Lamong telah dialokasikan dana Rp 1,1 triliun yang diambil dari APBN.

Oleh karena itu pihaknya dalam waktu dekat, akan mengumpulkan bupati dan wali kota sepanjang aliran Kali Lamong. Di antaranya Kabupaten Gresik, Mojokerto, Lamongan, dan Kota Surabaya, untuk realisasi dan detail peran masing-masing daerah. Selain itu pihaknya juga mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait pembebasan lahan dan kemungkinan relokasi permukiman warga untuk pembangunan tanggul Kali Lamong.

Banjir luapan Kali Lamong pada awal  2020 sudah dua kali melanda puluhan desa di 3 kecamatan di Kabupaten Gresik. Bahkan kini masih merendam ratusan rumah dan memutus jalan poros desa. Baik penghubung antar kecamatan maupun jalur Mojokerto dan Lamongan.

Berikut video liputannya pada Fokus, 10 Januari 2020.