Sukses

Emil Dardak Harap Mahasiswa Komunikasi Bawa Indonesia Juarai Era Industri 4.0

Emil berharap agar mahasiswa komuniasi mampu membawa Indonesia menjadi juara di Era Industri 4.0 dan menyiapkan diri di Era Commcreation 5.0

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengharapkan peran mahasiswa dan lulusan ilmu komunikasi untuk memberi kontribusi ke pemerintah melalui pendidikan yang diperolehnya.

"Mahasiswa komunikasi harus menjadi perintis dari generasi muda dan peduli politik dalam konteks yang positif," ujarnya di sela membuka Musyawarah Nasional X Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) 2020 di Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Senin, 13 Januari 2020.

Menurut dia, mahasiswa ilmu komunikasi juga harus mampu menjadi pioner bagi generasi muda agar melek politik di Tanah Air, dilansir dari Antara.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menjelaskan, peran mahasiswa di bidang politik tidak sekadar mengkritik kebijakan pemerintah, tapi dengan mendukung program-program atau kebijakan pemerintah yang baik dan memberi manfaat terhadap masyarakat luas.

Ia menambahkan, ilmu komunikasi sangat penting karena baik atau buruknya komunikasi dapat mempengaruhi suatu permasalahan.

Orang nomor dua di Pemprov Jawa Timur itu mengimbau agar penggunaan komunikasi saat ini harus dilakukan dengan bijak dan bertanggung jawab.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Sebagai Regulator

Sementara itu, di era digital saat ini pemerintah telah berperan sebagai regulator, namun tidak akan membatasi ruang kreativitas generasi muda dan justru menanti ide-ide kreatif untuk kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

"Inilah yang memerlukan kreativitas dari teman-teman mahasiswa komunikasi, apalagi ini bidang ilmu yang katanya semakin muda justru mereka semakin fresh idenya," katanya.

Suami Arumi Bachsin tersebut mengharapkan agar mahasiswa ilmu komunikasi mampu menjadikan bangsa ini sebagai pemenang di Era Industri 4.0 dan bersiap menyambut datangnya Era "Commcreation 5.0".

"Harapannya, mahasiswa ilmu komunikasi bisa menjadikan sebagai pemenang di Era Industri 4.0, bukan sebagai user, follower atau pengguna. Tapi bisa menjadi creator content," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.