Sukses

8 Wisata Alam Madiun Sejuk dan Asri, Tak Boleh Terlewatkan

Wisata alam Madiun menawarkan sejuknya pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Madiun bisa jadi pilihan destinasi saat mengunjungi daerah ini. Madiun terbagi dalam wilayah kota dan kabupaten. Keduanya menawarkan wisata alam yang tak kalah seru dari daerah-daerah lain di Jawa Timur.

Madiun merupakan wilayah yang dilintasi jalur utama Surabaya-Yogyakarta. Sejumlah wilayah Madiun berada di kaki Gunung Wilis. Ini membuat wisata pegunungan jadi andalan utama daerah ini.

Di wisata alam Madiun kamu bisa menemukan air terjun, hutan, perbukitan, hingga waduk. Berikut 8 wisata alam Madiun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape merupakan andalah wisata warga Madiun. Lokasi taman rekreasi ini berada di tepi hutan jati yang merupakan wilayah KPH Madiun dengan luas area sekitar 1,5 hektar.

Wisata Alam Grape berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Di kawasan ini kamu dapat menemukan hutan asri yang berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan.

3 dari 9 halaman

Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Tempat ini menyuguhkan pepohonan pinus menjulang tinggi yang sangat asri. Berada di kaki Gunung Wilis Hutan Pinus Nongko Ijo menyajikan hawa sejuk pegunungan dengan pemandangan hijau memanjakan mata.

Hutan Pinus Nongko Ijo juga menyediakan area perkemahan untuk para pengunjung. Beragam fasilitas menarik juga hadir di kawasan ini seperti rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan, dan ruang terbuka untuk bersantai.

4 dari 9 halaman

Air Terjun Kedung Malam

Air Terjun Kedung Malam berada di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Untuk menuji tempat ini kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 25 km dari pusat Madiun.

Air Terjun Kedung Malam berada di kawasan perkebunan kopi lereng Gunung Wilis. Dengan tinggi kurang lebih 30 meter, air terjun ini menyajikan kesegaran alam yang hijau dan masih sangat asri.

5 dari 9 halaman

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Ait terjun ini berada tak jauh dari wisata Grape di Kecamatan Kare.

Air terjun di Madiun ini memiliki ketinggian antara 15-20 meter Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melewati jalan setapak yang terdiri dari turunan yang berundak-undak. Selain melewati sungai, pengunjung juga dapat melewati pemandangan perbukitan yang hijau.

6 dari 9 halaman

Air Terjun Seweru

Aliran Air Terjun Seweru berasal dari sumber mata air dari bawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas sekitar 6 hektar, membuat Air Terjun Seweru ini memiliki pemandangan dan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Lokasinya tersembunyi di balik pegunungan dan perkebunan kopi membuat pengunjung perlu perjuangan khusus untuk mencapainya. Namun, gemericik air yang segar dan udara khas pegunungan yang sejuk mampu menghilangkan rasa lelah perjalanan.

7 dari 9 halaman

Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas berada di perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk, tepatnya di dusun Petung, desa Pajaran, Kecamatan Sadaran, 40 km dari pusat Madiun. Waduk ini berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, irigasi, dan juga wahana rekreasi.

Di sini pengunjung dimanjakan dengan pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan dan berbagai kegiatan menarik seperti memancing, banana boat, sampai keliling waduk naik perahu.

8 dari 9 halaman

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga dan juga tempat rekreasi.

Di sekitar Waduk Kedungbrubus banyak sekali ditemukan fosil purba, di mana menurut penelitian para ahli, sungai Kedungbrubus merupakan sungai purba dan ada kaitannya dengan Trinil di Ngawi.

9 dari 9 halaman

Taman Wisata Gunung Kendil

Taman Wisata Gunung Kendil berada di Pilangrejo, Wungu, Madiun. Dari sini, kamu bisa melihat suasana pegunungan yang luas dan asri. Dari Taman Wisata Gunung Kendil tampak perbukitan, hutan, serta hamparan sawah. Uniknya, perbukitan di Gunung Kendil didominasi kecokelatan, berupa tebing, tanpa pepohonan.

Taman Wisata Gunung Kendil juga dilengkapi gazebo, arena balap motor, mobil off road, dan tempat latihan menembak. Kawasan ini juga menjadi tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbenam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini