Sukses

Jelajahi 4 Tempat Wisata Alam di Gresik

Liputan6.com, Jakarta - Gresik, Jawa Timur dikenal sebagai salah satu kota industri. Meski demikian, Gresik juga dapat menjadi salah satu kota tujuan untuk jalan-jalan dan melepas lelah dari rutinitas. Apalagi kalau Anda hanya memiliki waktu libur yang pendek.

Di kota yang terkenal sebutan sebagai kota santri ini juga menyimpan tempat wisata baik wisata alam dan buatan yang dapat menjadi pilihan untuk jalan-jalan.

Kali ini Liputan6.com akan membahas beberapa tempat wisata di Gresik. Ingin tahu ada apa saja? Simak ulasannya mengutip dari web disparbud.gresikkab.go.id:

1. Danau Kastoba

Jika Anda lelah dan membutuhkan ketenangan, mungkin Danau Kastoba bisa menjadi solusinya. Danau Kastoba adalah salah satu danau yang terkenal di Gresik.

Danau Kastoba berada di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Gresik. Di danau ini Anda bisa melihat spesies hewan langka dan berbagai serangga dari berbagai daerah di Indonesia. Luasnya hamparan danau air tawar, banyak dihuni oleh spesies air tawar, ikan mujair conothnya.

Danau Kastoba ini juga merupakan salah satu Cagar Alam berdasar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu, Danau Kastoba tidak bisa diakses atau dikunjungi oleh wisatawan dengan jumlah yang banyak.

2. Pantai Pulau Cina

Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi yang mempunyai banyak pantai di beberapa daerahnya. Hal ini juga berlaku bagi Gresik.

Dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sentra industri, bukan berarti Gresik tidak mempunyai wisata alam yang menenangkan. Di Gresik terdapat pantai yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu Pantai Pulau Cina yang terkenal akan pesona keindahan bawah laut.

Di pantai ini Anda bisa menemukan terumbu karang yang indah. Bahkan, IPB dan Universitas Brawijaya pernah melakukan penelitian dan salah satu hasilnya menyebutkan bahwa di pantai ini terdapat jenis terumbu karang kualitas unggul di dunia.

Pantai Pulau Cina terletak di Pulau Cina, tepatnya di Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak, dan Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Anda dapat menikmati keindahan alam yang ada di Gresik ini dari atas permukaan laut menggunakan perahu ataupun langsung menyelam di bawah air.

2 dari 3 halaman

Sendang Banyu Biru

3. Air Terjun Laccar

Seolah tak ada habisnya Gresik memanjakan wisatawan dengan wisata alam di dalamnya. Kali ini, di Gresik terdapat wisata alam Air Terjun Laccar.

Air Terjun Laccar terletak di Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Gresik, Jawa Timur. Jika dari pusat Kecamatan Sangkapura, Anda akan menempuh jarak sekitar 15 KM.

Air Terjun Laccar ini mempunyai akses yang tergolong mudah untuk dikunjungi, maka sangat disayangkan jika Anda melewati kesempatan untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Anda bisa menikmati panorama di sekitar air terjun dengan suara riak air yang jatuh menyentuh bebatuan.

4. Sendang Banyu Biru

Jika biasanya kita melihat air tidak mempunyai warna, naka Anda akan dibuat takjub dengan air yang ada di salah satu tempat wisata di Gresik ini.

Sendang Banyu Biru, biasa orang memanggil. Sendang Banyu Biru menjadi daya tarik wisata yang berada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur. sendang ini mempunyai keunikan, yaitu airnya yang berwarna  biru alami.

Sendang ini berada di sekitaran perairan yang berupa tambak-tambak, tetapi hanya di Sendang Banyu Biru yang mempunyai air berwarna biru. Air biru yang ada di sendang ini belum jelas penyebabnya.

Namun, Pemerintah Kabupaten Gresik berencana untuk mengembangkan wisata Sendang Banyu Biru agar banyak menarik minat wisatawan dan menyejahterakan masyarakat setempat.

 

(Shafa Tasha Fadhilla-Mahasiswa PNJ)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
Kaya Manfaat, Ini Mitos hingga Fakta soal Tanaman Kelor