VIDEO: Siswa SD Muhammadiyah Surabaya Lomba Mancing Sampah di Sungai

VIDEO: Siswa SD Muhammadiyah Surabaya Lomba Mancing Sampah di Sungai

Untuk mencegah banjir sekaligus kampanye bersih sampah di sungai, ratusan siswa SD, membersihkan sungai di Jalan Demak, Surabaya, dengan cara unik, mereka diminta mengambil sampah di sungai menggunakan kail ikan.

Bagi siswa yang kailnya berhasil mendapatkan sampah, berhak atas voucher Rp. 2.000 yang nantinya dapat ditukar dengan jajanan atau makanan di kantin sekolah.

Kegiatan bersih sampah sungai ini dilakukan ratusan siswa-siswi SD Muhammadiyah 12, Surabaya. Mereka mengikuti lomba mancing, di sungai Gundih, Kelurahan Dupak, Surabaya.

Namun, kali ini mereka tidak sedang berburu ikan, tetapi adu cepat memancing sampah, dengan menggunakan kail yang biasa digunakan untuk memancing ikan. Seluruh siswa antusias dalam aksi memancing sampah di sungai tersebut.

Mereka mengaku aksi bersih sampah ini seru dan menyenangkan. Setiap sampah yang didapatkan, kemudian ditukar dengan voucher senilai Rp 2.000. Voucher ini bisa digunakan untuk membeli jajanan atau makanan di kantin sekolah.

Kegiatan ini sengaja dilakukan pihak sekolah, untuk memberi pelajaran sejak dini, terkait kebersihan lingkungan dan sampah. Selain itu, di musim hujan seperti ini, tidak adanya sampah di sungai membuat air bisa mengalir lancer, sehingga diharapkan tidak ada banjir.

Dalam waktu dua jam, seluruh sampah yang tersangkut di aliran sungai Gundih, Surabaya berhasil dibersihkan. Dengan kegiatan ini, pihak sekolah berharap semua pihak terkait, mau peduli atas kebersihan sungai Gundih, yang acapkali banjir saat musim hujan.

Berikut video inspiratifnya pada Liputan6, 16 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 January 2020, 20:00 WIB

Video Terkait

Spotlights