VIDEO: Berdalih Gaji Tak Cukup, Oknum Satpam PG Jatiroto Curi Gula Kristal

VIDEO: Berdalih Gaji Tak Cukup, Oknum Satpam PG Jatiroto Curi Gula Kristal

Beralasan gaji tak cukup, belasan Satpam di Pabrik Gula Djatiroto, Lumajang, Jawa Timur, nekat mencuri gula dari gudang penyimpanan PG. Djatiroto. Kini, 6 dari 15 pelaku berhasil diringkus, dan 9 lainnya buron. Akibat pencurian ini, kerugian ditaksir hingga Rp 1,54 miliar.

Enam orang tersangka pencurian gula kristal milik PG. Djatiroto, Lumajang, ini digelandang ke Mapolsek Jatiroto setelah ketahuan mencuri ribuan kilogram gula kristal dari gudang penyimpanan. Mereka adalah, DS (24), YYK (28), SL (47), FY (35), RW (24) dan SH (33). Lima belas Satpam ini bekerjasama untuk mencuri.

Modusnya, pelaku yang masih dinas bertugas menjaga situasi, sementara Satpam yang lepas dinas, masuk pabrik dengan membobol gudang menggunakan linggis. Saat itu juga, para pelaku yang baru lepas dinas ini pun mengangkut dan memindahkan ratusan karung gula kristal ke tempat lain. Namun, sebelum berhasil diangkut menggunakan kendaraan roda 4, aksi pelaku diketahui polisi.

Para pelaku yang juga sebagai karyawan pabrik ini mengaku terpaksa mencuri gula, karena gaji mereka dari PG. Djatiroto tak cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Diduga aksi pencurian gula kristal di gudang penyimpanan PG. Djatiroto ini sudah berulang kali dilakukan para tersangka. Kepala Gudang PG. Djatiroto mengatakan, pabrik kehilangan gula hingga 91,75 ton, atau jika di total sekitar Rp 1,54 miliar.

Akibat perbuatannya, para tersangka ini dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan, ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. Selain itu, mereka juga akan dipecat sebagai karyawan. Demikian diberitakan pada program Fokus, 17 Januari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 January 2020, 19:22 WIB

Video Terkait

Spotlights